Mohon tunggu...
Zhafran Radithya
Zhafran Radithya Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa

Seneng foto2 mobil2an

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Hominisasi

3 Oktober 2022   21:25 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:26 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hari sabtu, saya memulai pagi saya dengan sarapan dan bersiap untuk melakukan hominisasi pertama di semester ganjil yang diselenggarakan untuk mahasiswa. Namun sebelum kami bergabung dengan acara hominisasi, kami diwajibkan untuk membuat essay mengenai apa yang kami suka dari lirik laku indonesia raya stanza. Kemudian kami memilih sebuah film dokumenter singkat yang berisi mengenai macam-macam keanekaragaman yang ada di indonesia. Kemudian setelah mengumpulkan tugas pra geladi, kami diberikan link untuk bergabung pada hari H, yakni hari sabtu tanggal 1 Oktober 2022.

Saat geladi, apa sih yang kita lakukan? Saat geladi kami melakukan diskusi kelompok dengan tema hari perayaan kesehatan jiwa sedunia. Disitu kami belajar apa saja manfaat dari peryaan hari tersebut dan mengenali apa saja tujuan dari hari perayaan tersebut. Kami juga belajar caranya menyampaikan pendapat, belajar cara berdiskusi, caranya berbaur dengan orang lain walaupun secara daring. Kemudian, dipilihlah 1 kelompok terbaik dari 3 kelompok untuk mewakili setiap kelompok besar. Namun sayangnya kelompok kami tidak terpilih.

Pengalaman yang bisa saya petik dari hominisasi yaitu kami dituntut untuk bisa percaya diri dalam menyampaikan pendapat. Kami juga belajar beberapa sejarah-sejarah mengenai g30spki dan sejarahnya hari peringatan kopi. Menurut saya, dari materi geladi ini sendiri saya mendapat ilmu-ilmu yang baru dan sangat bermanfaat.

Dalam geladi ini, kami juga belajar caranya berbahasa yang baik dan benar dalam menyampaikan pendapat. Kemudian, kami jg dituntut berpikir secara logika dengan cara SWOT. Menurut saya, cara SWOT sangat berperan penting dalam berpikir logika karena kami harus berpikir kritis untuk dapat membuat pendengar tertarik dengan apa yang kami sampaikan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan