Mohon tunggu...
Aqida Izza
Aqida Izza Mohon Tunggu... resolusi 2020 menulis minimal 200 kata sehari

Wirausaha yang hobby membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Belajar Memperhatikan Hal-hal Kecil

23 Agustus 2020   11:12 Diperbarui: 23 Agustus 2020   11:05 112 1 0 Mohon Tunggu...

Beberapa waktu lalu saat saya melihat konten YouTube dari seorang content creator Korea yang pernah lama tinggal di Indonesia yang membahas tentang apakah orang Korea rasis, ada satu komen yang menarik yang menceritakan pengalamannya yang kurang menyenangkan dengan orang-orang Korea. 

Singkatnya beliau ini adalah seorang pramusaji yang melayani sekelompok orang Korea di restoran tempatnya bekerja. Ada satu orang Korea yang mengatakan pada pramusaji ini bahwa kalian orang-orang Indonesia bau badan sedangkan kami orang Korea bau wangi. 

Mendengar hal itu tentu si pramusaji ini merasa "awkward" dan hanya bisa tersenyum masam. Mungkin jika kita berada di posisi beliau juga akan canggung atau bahkan emosi mendengar hal itu. Namun yang mau saya bahas disini adalah bagaimana orang-orang Indonesia kadang terlalu cuek akan hal ini. 

Memang tidak semua orang Indonesia bau badan namun saya yakin teman-teman pernah setidaknya sekali mengalami kejadian yang kurang menyenangkan berkaitan dengan bau badan terutama di tempat-tempat umum. 

Padahal dalam Islam kita diajarkan untuk menghargai sesama, salah satunya dengan menjaga sikap dan pembawaan agar tidak menganggu orang lain termasuk dari bau badan kita. 

Mungkin kebanyakan orang menganggap hal ini sepele, namun ketika mayoritas suatu masyarakat memperhatikan hal yang sepele seperti ini, saya yakin kedepannya bangsa kita akan menjadi bangsa yang beradab dan maju. 

Kembali pada cerita di atas, sebenarnya tindakan orang Korea tersebut memang salah karena menggeneralisasi orang-orang Indonesia, namun sebagai orang Indonesia saya pikir hal ini bisa menjadi alarm pengingat agar kita senantiasa menjaga adab kita ketika berkumpul dengan orang lain. 

Sebagai negara mayoritas muslim akan lebih baik jika bangsa kita dikenal dengan bangsa yang beradab. Insyaallah jika kita memperhatikan hal-hal kecil seperti ini hal besar pun pasti akan mengikuti.  Waalluhu a'lam.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x