Mohon tunggu...
Zevita PrajaTsalas
Zevita PrajaTsalas Mohon Tunggu... Lainnya - Saya Mahasiswa UMM

EP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi pada Sistem Informasi Akuntansi dalam Perusahaan

9 September 2022   02:27 Diperbarui: 9 September 2022   02:40 980 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi untuk mengolah, memproses, memperoleh, menyusun, menyimpan serta mengubah data menjadi informasi yang berkualitas. Teknologi informasi sendiri mempelajari tentang perancangan, implementasi, pengembangan serta mengatur sistem informasi dengan basis komputer. 

Teknologi informasi digunakan untuk mengelola informasi yang penting karena meningkatkan kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional serta tekanan persaingan bisnis. 

Manfaat dari adanya teknologi informasi ini sangat banyak, seperti perubahan proses data yang meringankan pekerjaan bisnis yang kompleks dan juga informasi yang dihasilkan dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, mudah dipahami, serta teruji dalam pengambilan keputusan. Manfaat lain dari adanya teknologi informasi ini juga digunakan untuk sarana, koordinasi serta menyimpan arsip dokumen-dokumen penting dalam perusahaan.

Penggunaan teknologi informasi sangat berdampak pada kehidupan saat ini. Sebagai contoh, penggunaan gadget yang selalu kita gunakan dimana saja. Teknologi informasi tidak hanya berguna pada kalangan individu saja, perusahaan pun juga mendapatkan dampak pada perkembangan teknologi informasi saat ini.

Salah satu dampak yang dirasakan ialah sistem informasi akuntansi (SIA) perusahaan berubah dari proses olah data secara manual menjadi otomatis menggunakan komputer. 

Perubahan ini menjadikan proses olah data menjadi efisien dan efektif yang dapat menguntungkan perusahaan. Peningkatan efektivitas serta efisien dalam menjalankan tugas perusahaan dapat diartikan dengan kinerja untuk mencapai target menjadi sangat tinggi.

Penggunaan teknologi informasi dalam SIA juga bermanfaat dalam pengolahan data. Data yang diolah dengan teknologi informasi menjadi data yang akurat serta dapat diselesaikan tepat waktu. 

Data ini bermanfaat untuk sumber informasi mengenai keuangan serta akuntansi yang digunakan untuk patokan mengambil keputusan di perusahaan. Kualitas informasi ini yang menguntungkan perusahaan untuk menunjukkan keunggulannya dengan data tersebut. 

Hal ini juga berkesinambungan dengan daya saing yang diciptakan oleh perusahaan. Semakin efektif data akuntansi maka semakin tinggi pengaruh positif dalam menunjukkan tingkat keberhasilan target sehingga daya saing perusahaan juga semakin tinggi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan