Mohon tunggu...
M. Fauzan Zenrif
M. Fauzan Zenrif Mohon Tunggu... Dosen - Zenrif

Hidup Itu Belajar

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Bengkel Resmi atau Lokal Saja?

5 November 2019   16:22 Diperbarui: 10 November 2019   08:07 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap kita pasti memiliki pengalaman, baik atau buruk.  Saya juga memiliki pengalaman, sama dengan pembaca juga. Pengalaman ku dua hari ini diisi dengan pengalaman pergi ke bengkel. Saya sesungguhnya sudah biasa pergi ke bengkel resmi mobilku. Bukan karena bengkel itu saya anggap resmi, tapi saya yakin kerja profesional dan manajemennya yang baik. 

Owner yang Juga Menangani Langsung | dokpri
Owner yang Juga Menangani Langsung | dokpri

Tapi, kali ini saya memiliki pengalaman yang tidak baik dan perlu saya ceritakan pada pembaca agar bisa memperoleh informasinya dengan baik. Setelah mengantarkan kemanten ke Pasuruan selama dua hari berturut-turut, AC mobil saya tiba-tiba tidak dingin lagi. 

Mulanya saya mengira karena cuaca Pasuruan yang sangat panas, membuat AC terasa tidak dingin lagi. Saya coba buka kaca jendela dan AC tetap saya nyalakan. Setelah berjalan hampir 25 Km dalam tol,  AC tetap terasa tidak dingin, bahkan ketika hujan turun untuk pertama kalinya menjelang pintu keluar tol Singosari, AC tetap mengeluarkan udara panas. Akibatnya, saya harus ngelap kaca depan agar dapat melihat dengan jelas,  sebab ac yang mengeluarkan angin panas ternyata menimbulkan embun pada kaca mobil. 

Lokasi Bengkel SINAR AC | dok. Google Maps
Lokasi Bengkel SINAR AC | dok. Google Maps

Setelah dua hari ternyata AC tetap tidak terasa dingin, saya berasumsi freon AC habis, maklum memang sudah hampir 5 tahun AC nya belum pernah dicekkan. Atas dasar pertimbangan itu, saya langsung pergi ke bengkel resmi merek mobil saya. Suasana dingin di kantor layanannya,  dan peralatan suoer canggih untuk melayani pelanggan, membuat saya nyaman dan merasa terlayani dengan baik. Di samoing memang sudah kenal, pelayanan di bengkel resmi ini memang mengedepankan layanan baik,  dengan petugas yang penuh senyum dan terkesan profesional. 

Para pelayan bengkel yang berseragam pasti membuat para pelanggannya percaya pada tingkat sdm terpilih. Pasti mengesankan kerja baik dan profesional. Saat saya dinggil dengan nomer antrean A 007, saya menemui bagian pencatatan. Cepat dan selalu tersenyum dalam melayani. Pokoknya serba memuaskan. Mumoung di bengkel, akhirnya beberapa keluhan mobil saya sampaikan.

"AC tidak panas, ban depan bunyi, dan USB tidak bisa berfungsi. " begitu saya menyampaikan dan dicatat dengan baik. 

Setelah semua dipastikan tercatat dan dikerjakan, mobil saya tinggalkan dan saya mengerjakan hal lain. Jam 16.04, saya dihubungi mobil sudah selesai. 

Layanan Prima Bisa Dilayani dengan Komunikasi via WA | dokpri
Layanan Prima Bisa Dilayani dengan Komunikasi via WA | dokpri

Saya senang sekali karena saya bisa mengerjakan hal lain, dan perbaikan bisa terpantau melalui komunikasi via WA. Saya agak ragu dengan AC, kemudian saya tanyakan, ternyata magnet clutch nya rusak, sebagaimana diinformasikan. Kemudian saya ditelpon dan diinformasikan bahwa biayanya sekitar 1jt lebih untuk menyelesaikan alat AC saja. Belum termasuk freon yang pasti akan dibuang. 

Karena saya merasa tidak cocok dengan cara penyelesaiannya, saya minta 7ntuk tidak dilanjutkan perbaikan AC-nya. Saya kemudian menanyakan tentang USB. 

Komunikasi via WA Mempermudah Layanan bagi Pelanggan | dokpri
Komunikasi via WA Mempermudah Layanan bagi Pelanggan | dokpri

dokpri
dokpri

Melalui komunikasi via WA, saya bisa dilayani dan mendapatkan infoemasi dengan baik. Melalui informasi itu, saya tahu bahwa ada dua hal yang tidak tertangani di bengkel resmi. Yang satu karena saya tidak setuju dengan harga dan yang kedua sdm-nya tidak memiliki kualifikasid alam bidang yang dibutuhkan. 

Tanpa banyak basa basi, apalagi saya sudah banyak yang kenal dengan temen-teman di bengkel itu, di bengkel resmi lagi, saya langsung membayar semua tagihan yang juga tercatat dengan baik pada layanan pembayaran. Cara membayarnya juga mudah dan cepat,  dilayani oleh cewek cantik berpakaian bikini pula. Pokoknya pelanggan dibuat sangat puas dengan senyuman dan layanannya. 

Tapi ada dua masalah yang tak terselesaikan di bengkel resmi itu. Hari ini, saya harus mencari lagi bengkel AC, dan jika masih cukup waktu ke bengkel audio. Saya punya pengalaman dan langganan bengkel AC yang penyelesaiannya baik, dwngan harga ongkosnya kaki lima. Sinar AC, Mangliawan, Wendit. 

Baru Nyampek, Tanpa Daftar, dan Tidak Antre, Mobil Langsung Ditangani | dokpri
Baru Nyampek, Tanpa Daftar, dan Tidak Antre, Mobil Langsung Ditangani | dokpri

Saya suka di bengkel ini bukan karena murahnya saja, tapi cara menjelaskannya juga bisa saya paham. Misalnya Magnetic clutch, diperkenalkan pada saya, sebagai komponen yang cukup penting di dalam AC mobil, selain kompresor AC dan kondensor AC . Kerusakan magnetic clutch akan membawa dampak yang cukup besar bagi keberlangsungan AC mobil anda. Salah satunya magnetic clutch penyebab AC mobil demam (kadang panas kadang dingin).

Magnetic Clutch | dokpri
Magnetic Clutch | dokpri

dokpri
dokpri

Sekalipun tempatnya sederhana, tanpa AC dan ryang terbuka, ada kipas angin tali rusak, membyat suasana gerah sampek saya harus melepas baju, tapi saya merasa enak duduk menunggu di bengkel yang pegawainya pakek seragam, tapi sudah sangat kotor, sampek warna aslinya hilang tersebut. 

Kantor Sederhana, Ada Kipas Angin tapi Rusak.  | dokpri
Kantor Sederhana, Ada Kipas Angin tapi Rusak.  | dokpri

Saya sepertinya betah di tempat ini, apalagi tidak begitu lama saya menu ggu,  sekitar dua jam, eh sudah agak lama ya,  datang tiga orang Angkatan Udara yang ke etulan ngecek kerusakan mobilnya dan sekaligus membayar ongkos perbaikannya. Pelanggannya ternyata LANUD malang dan Surabaya juga.

Masih Dikerjakan dengan Alat Sederhana Tapi Keahlian Profesional | dokpri
Masih Dikerjakan dengan Alat Sederhana Tapi Keahlian Profesional | dokpri

Pelanggannya Banyak | dokpri
Pelanggannya Banyak | dokpri
Dalam batin saya bertanya,  apa yang me buat saya kerasan dan nyaman di bengkel yang pelayannya semua laki-laki ini? Mengapa mau diganti alatnya sekali oun harganya sama saja dari bengkel resmi? Mengapa saya lebih senang memperbaiki mobil di bengkel rakyat yang pelayamannya juga senyuman tak manis? Pikiran ku menjawab, bengkel resmi atau bengkel kaki lama, hanya urusan pilihan. Saya senang bisa mendukung usaha masyarakat kelas menengah ke bawah,  itulah sebabnya saya makan, swlama ada yang meyakinkan kesuciannya, juga di warung pinggir jalan.

Alat Sederhana... | dokpri
Alat Sederhana... | dokpri

Mari dukung usaha masyarakat yang masih lemah agar menjadi kuat. Mendukung usaha mereka lebih baik daripada pidato keadilan, atau protes keadilan. Maribperbanyak gerakan peduli kelas bawah demi keadilan dariapda pidato keadilan kemana-kemana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun