Mohon tunggu...
Zenab Latif Danial
Zenab Latif Danial Mohon Tunggu... Guru - guru

saya seorang guru sekolah dasar dan memiliki hobi membaca dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.1. Pendidikan Calon guru Penggerak Angkatan 7

7 November 2022   19:40 Diperbarui: 7 November 2022   19:43 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Asalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan, nama saya Zenab Latif Danial, S.Pd. Saya adalah calon guru penggerak angkatan 7 dari SDN 7 Monano. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan kesimpulan dan refleksi terhadap materi modul 1.1 tentang pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Kesimpulan 

Konsep dan pemikiran Kihajar Dewantara

Pengajaran merupakan proses pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara  lahir dan batin

Pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak- anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi – tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbbudaya dalam arti yang seluas- luasnya

Dasar Pendidikan Kihajar Dewantara

Pendidikan hanya  suatu tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak- anak , artinya bahwa hidup tumbuhnya anak itu terletak diluar kecakapan atau kehendak kaum pendidik. Anak- anak sebagai makhluk, manusia dan benda hidup, sehingga mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya  sendiri. Pendidik hanya dapat menuntun tumbuh  atau hidupnya kekuatan – kekuatan itu, agar dapat memperbaiki lakunya ( bukan dasarnya)hidup dan tumbuhnya itu.

Peran pendidik diibaratkan sebagai seorang petani yang tugasnya untuk merawat tanaman sesuai dengan kebutuhannya agar tanaman itu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik yang tentu saja setiap jenis tanaman memiliki perlakuan yang berbeda- beda. Artinya seorang pendidik harus bisa melayani segala bentuk kebutuhan metode belajar anak yang berbeda- beda karakteristiknya ( berorientasi pada anak).

Pendidik harus bisa memberikan kebebasan pada anak untuk mengembangkan ide,fikiran,  kreatifitas anak, mengembangkan bakat dan minat anak sesuai dengan potensi yang di miliki anak tampa memaksakan hal yang tidak di sukai anak (merdeka belajar ), tetapi kebebasan itu bukan berarti kebebasan mutlak , namun perlu tuntunan dan arahan guru supaya anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun