Asalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Perkenalkan, nama saya Zenab Latif Danial, S.Pd. Saya adalah calon guru penggerak angkatan 7 dari SDN 7 Monano. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan kesimpulan dan refleksi terhadap materi modul 1.1 tentang pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara.
KesimpulanÂ
Konsep dan pemikiran Kihajar Dewantara
Pengajaran merupakan proses pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara  lahir dan batin
Pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak- anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi – tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbbudaya dalam arti yang seluas- luasnya
Dasar Pendidikan Kihajar Dewantara
Pendidikan hanya  suatu tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak- anak , artinya bahwa hidup tumbuhnya anak itu terletak diluar kecakapan atau kehendak kaum pendidik. Anak- anak sebagai makhluk, manusia dan benda hidup, sehingga mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya  sendiri. Pendidik hanya dapat menuntun tumbuh  atau hidupnya kekuatan – kekuatan itu, agar dapat memperbaiki lakunya ( bukan dasarnya)hidup dan tumbuhnya itu.
Peran pendidik diibaratkan sebagai seorang petani yang tugasnya untuk merawat tanaman sesuai dengan kebutuhannya agar tanaman itu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik yang tentu saja setiap jenis tanaman memiliki perlakuan yang berbeda- beda. Artinya seorang pendidik harus bisa melayani segala bentuk kebutuhan metode belajar anak yang berbeda- beda karakteristiknya ( berorientasi pada anak).
Pendidik harus bisa memberikan kebebasan pada anak untuk mengembangkan ide,fikiran, Â kreatifitas anak, mengembangkan bakat dan minat anak sesuai dengan potensi yang di miliki anak tampa memaksakan hal yang tidak di sukai anak (merdeka belajar ), tetapi kebebasan itu bukan berarti kebebasan mutlak , namun perlu tuntunan dan arahan guru supaya anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.