Mohon tunggu...
zefanya mediynaftali
zefanya mediynaftali Mohon Tunggu... Lainnya - seorang mahasiwa

saya seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ujian Akhir Semester Public Relation Manajemen CSR Zefanya Mediy Naftali

27 Januari 2021   17:00 Diperbarui: 27 Januari 2021   16:59 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya seorang Public Relations Officer (PRO) di PT Sultana
Target sasaran dan latar belakang pemilihan kejadian:
PT Sultana memberikan bantuan terhadap para korban bencana alam yang terjadi diawal tahun 2021.
Dalam waktu yang hampir berdekatan negeri ini harus dihadapkan dengan terjadinya bencana alam di beberapa wilayah, mulai dari bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Mamuju dan Majene), musibah banjir di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara (Manado dan sekitarnya), hingga bencana tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat.
 
Bentuk Kegiatan CSR yang ada, dan  pilihan yang akan  dilakukan untuk membantu korban bencana:
kegiatan CSR dengan menggunakan cara Corporate philanthropy,Perusahaan sangat memberikan dukungan kepada masyarakat tanpa Cuma-Cuma saja, dimana salah satu tujuan utama yang di lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, Ratusan paket makanan siap saji yang dibagikan merupakan bantuan tahap awal, khususnya pada beberapa hari pertama bencana, dimana kebutuhan makanan siap saji sangat dibutuhkan warga pada masa-masa seperti ini, Setelah membagikan ribuan makanan siap saji kepada korban bencana di beberapa hari awal setelah terjadinya gempa (Sulbar) dan banjir (Kalsel dan Sulut), PT Sultana juga menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana alam berupa sembako, selimut, tenda, obat-obatan dan kebutuhan pengungsian lainnya untuk para korban, tidak hanya itu guna mempercepat penyaluran bantuan dari PT Sultana, serta untuk meningkatkan pelayanan korban maupun pengungsi yang terdampak bencana, PT Sultana membangun Poskoi di wilayah Sulawesi Barat (Mamuju dan Majene). Sedangkan di wilayah Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara PT Sultana mengadakan pembentukan tim satgas
 
Tahapan pelaksanaan CSR yang akan dilakukan serta timelinenya :
1. Tahap Perencanaan: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) bersama ikatan keluarga besar PT Sultana yang dihadiri oleh pimpinan memberikan bantuan kepada korban bencana alam aksi sosial tersebut dilakukan untuk meringankan beban saudara dan saudari yang sedang mengalami bencana alam (16/21)
 
2. Tahap Implementasi: Program ini merupakan bentuk perhatian Perseroan dan wujud jiwa sosial dari PT Sultana dalam meringankan, membantu dan menolong beban saudara kita yang terdampak bencana alam, PT Sulltana menyalurkan makanan siap saji,telur,mie instan,beras dan obat-obatan
 
3. Tahap evaluasi: Sebagaimana yang ada kompoen kebijakan yang sudah sesuai, terealisasi dengan baik. Dengan didukung sumber dana yang mencukupi, maka proses meringakan korban bencana alam yang terjadi di Indonesia sebagaimana bantuan yang telah diberikan PT Sultana berharap apa yang telah diberikan berguna dan diterima dengan baik bagi para korban untuk meringani sedikit hal yang dipikirkan banyak korban bencana alam
 
4. Pelaporan: PT Sultana mengungkapkan bahwa sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Perusahaan terhadap lingkungan (Corporate Social Responsibility), Perusahaan memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat korban bencana alam di Indonesia yang terjadi secara berturut-turut di bulan pertama pada tahun baru 2021.
 
Benefit yang akan didapatkan oleh perusahaan dan bagaimana hal ini dapat memenuhi Good Corporate Governance dalam pelaksanannya:
Yang akan di dapatkan perusahaan yaitu perusahaan akan mendapatkan peningkatan citra yang baik. Perusahaan yang melakukan kegiatan CSR akan dipandang memiliki nilai kepedulian yang tinggi di masyarakat. Awareness positif masyarakat terhadap perusahaan akan meningkatkan citra perusahaan itu sendiri dan dinilai mempunyai kepedulian sosial yang tinggi terhadap masyarakat sekitar yang sedang mengalami bencana alam.
 
Strategi publikasi apa yang akan di lakukan :
Strategi yang dipakai, Perusahaan akan menyebarkan link dari web resmi perusahaan bahwa perusahaan akan memberikan bantuan terhadap korban bencana, segala bantuan di tak atas nama perusahaan,perusahaan akan memberikan informasi bantuan kepada seluruh media sosial yang dimiliki perusahaan yang berisikan infromasi bahwa PT Sultana akan memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun