Mohon tunggu...
Nurul Fauziah
Nurul Fauziah Mohon Tunggu... Freelancer - Momblogger Medan

a Wife | Blogger | Freelance Writer | Book Lover | Book Reviewer | member of FLP Sumut | FB : Nurul Fauziah | G+ : Nurul Fauziah |in : Nurul Fauziah | Twitter : @nufazee | IG : @nufaz3e |Blog: www.nufazee.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mengenal Manfaat Putih Telur, Si Kaya Nutrisi Sampai Bikin Diet Jadi Happy

7 Mei 2024   11:49 Diperbarui: 7 Mei 2024   12:08 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak orang lebih menyukai bagian putih telur karena memang rasanya gurih, ringan dan mudah dikonsumsi. Banyak juga yang punya anggapan bahwa putih telur kurang bergizi dibanding kuning telur. Sebenarnya putih telur itu apa sih?

Putih telur adalah salahsatu produk unggas yang berupa cairan bening dan kental, mengelilingi bagian kuning telur. Fungsi putih telur menjadi lapisan pelindung dari bakteri berbahaya untuk mempertahankan ayam yang sedang proses tumbuh.

Apa saja yang terkandung dalam putih telur? Putih telur mengandung 55 miligram natrium, 2,3 miligram kalsium, 4 gram protein selain itu juga mengandung selenium, asam folat, magnesium, fosfor, dan potasium.

Setelah kenalan dengan putih telur, mari kita bahas manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Putih Telur, Kaya Akan Nutrisi dan Bantu Sukseskan Program Diet Kamu

Bagi pelaku diet, putih telur sangat dicari. Namun, apakah manfaat putih telur untuk yang lagi program diet saja? 

Tentu saja tidak, ada banyak manfaat putih telur dan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah cukup serta hindari berlebihan. Berikut manfaat putih telur yang harus kamu ketahui. 

1. Makanan Otak

Pada putih telur ada senyawa yang namanya kolin. Senyawa ini merupakan nutrisi makro yang bisa membantu hasilkan DNA sehat. Adanya kolin jadi syarat penting berfungsinya sistem saraf dengan baik. Kolin dalam jumlah cukup pada tubuh akan mencegah kerusakan sistem saraf

2. Bagus untuk Pertumbuhan Otot

Konsumsi putih telur teratur bermanfaat memperkuat otot, menghempaskan lelah dan menaikkan kekebalan tubuh. Kandungan protein dan asam amino pada putih telur bagus untuk pertumbuhan otot dan menguatkannya.  Makanya, putih telur sangat digandrungi pelaku diet. 

3. Cegah penyakit jantung

Kadar lemak yang rendah pada putih telur membantu mengurangi sejumlah masalah pada jantung seperti stroke. Kemudian, kandungan kaliumnya bermanfaat menurunkan tekanan darah, melancarkannya, dan mencegahnya tersumbat.

4. Antioksidan Untuk Mata

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun