Mohon tunggu...
Zata Al Dzahabi
Zata Al Dzahabi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis, Content Creator, Podcaster

orang jenius sama orang gila itu beda-beda tipis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Abraham Lincoln Sang Pemburu Keadilan

28 Agustus 2022   22:09 Diperbarui: 28 Agustus 2022   22:24 353 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image from:  Kompas.com

Pengantar

Jika berbicara tentang Abraham Lincoln tentunya tokoh revolusioner satu ini sudah tidak asing terutama bagi kalian yang menyukai pelajaran sejarah, terlalu kompleks apabila saya membahas sejarah hidup Presiden ke-16 Amerika Serikat ini dalam satu artikel. Oleh karena itu di sini saya akan membahas tentang perjuangan Abraham Lincoln menegakan keadilan bagi negara-nya Amerika Serikat, sampai perjalanan Karir Politik yang telah dilalui olehnya. 

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai keadilan alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu siapa itu Abraham Lincoln, singkatnya beliau lahir pada 12 Februari 1809 di Kentucky Amerika Serikat, perlu diketahui bahwa Kentucky adalah salah satu negara bagian yang menerapkan sistem perbudakan.

Sosok Abraham Lincoln merupakan tokoh yang dikenal dengan perjuangannya menghapus perbudakan, untuk kemudian menyuarakan kesetaraan keadilan untuk seluruh masyarakat tanpa memandang ras atau suku. Melansir dari Zenius.net Lincoln dibesarkan oleh keluarga yang religius penentang perbudakan, pada 1816 keluarga Lincoln pindah ke Indiana salah satu negara bagian yang sudah bebas dari sistem perbudakan. 

Setelah 15 tahun tinggan di Indiana keluarga Lincoln pindah ke Illinois Selatan, sejak saat itu Lincoln muda mulai menyadari dan peka terhadap fenomena perbuakan yang ada di sekitarnya. Ayah Abraham Lincoln yakni Thomas Lincoln, juga merupakan seorang pionir gerakan perlawanan terhadap sistem perbudakan yang gigih memperjuangkan kesejahteraan masyarakat pribumi Amerika. 

Mengutip dari Populis.id tahun 1834, Lincoln memulai karir Politik dengan masuk ke badan legislatif tepatnya masuk menjadi anggota Partai Whig. Dari titik inilah ia mempelajari ilmu Hukum secara mendalam sampai sempat menjadi pengacara, pada 1837 Lincoln pindah ke Springfield dan bekerja sebagai Notaris Hukum  di perserikatan dagang John T. Stuart.

 

Lincoln Kecil yang Pemberani

Membahas Presiden Amerika ke-16 ini saya jadi teringat dengan salah satu Film yang mengangkat karakter Abraham Lincoln, berjudul Abraham Lincoln Vampire Hunter karya Timur Bekmambetov, Film ini merupakan cerita fiksi yang dikemas dengan genre Horror-Action dan Semi-Biografi. 

Singkatnya Film ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Abraham Lincoln yang sempat menjadi seorang Pemburu Vampir ketika muda, penyebab mengapa Lincoln menjadi seorang Pemburu Vampir adalah karena ketika masih anak-anak ia melihat ibunya dibunuh oleh Vampir sehingga dia ingin membalas kematian Sang Ibu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan