Mohon tunggu...
Budi Rivai
Budi Rivai Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis dan futsal

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Anak Betawi Ketinggalan Zaman, Katenye...

29 Januari 2023   07:00 Diperbarui: 29 Januari 2023   07:03 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hai para pembaca Kompasiana yang berbahagia

Anak Betawi ketinggalan zaman, katenye

Anak Betawi ga bebudaye, katenye...

Penggalan kalimat dalam OST Si Doel Anak Sekolahan ini ada benarnya juga walaupun sebenarnya tidak seperti itu juga. Banyak orang perpandangan anak Betawi itu pemalas, maunya cuma ongkang-ongkang kaki aja, ngarepin warisan terus hidup dah dari warisan. 

Memang ada sih anak Betawi yang seperti itu, tapi ada juga anak Betawi yang mindsetnya beda. Nah salah satu contohnya si Doel itu, anak Betawi yang bisa jadi tukang Insinyur itu, kereen kan.

Dulu waktu saya kuliah S1, ada teman saya yang kaget mengetahui saya anak Betawi, dia pikir anak Betawi pada malas kuliah. Eit tunggu dulu, kite mah anak Betawi yang mikirin masa depan.

Sekolah dulu yang tinggi, terus cari kerja atau membuka lapangan pekerjaan sendiri. Kalau masalah warisan mah anggap aja itu rejeki dadakan atau rejeki yang tidak terduga, yang penting cari dulu pengalaman dan juga jaringan. Ibaratnya kita cari kailnya dulu bukan langsung ikannya. 

Lebih penting mana kita punya kail untuk mancing atau hanya minta ikannya aja? Itu kan ibarat kita punya ilmu maka dimanapun berada kita bisa survive, kalau cuma minta aja kan jadi beban hidup. Orang tua sudah susah payah ngedidik, nyekolahin, sudah banyak biaya yang dikeluarin kalau kita cuma jadi beban mereka terus, apa gunanya kita.

Nyok ah khususnya anak Betawi dan umumnya untuk kita semua, mari semangat, buang jauh rasa malas, gapailah bintang nun jauh di langit sana. Kite semua mampu kawan

Salam dari anak Betawi Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang sekarang jadi guru dan lulusan S2.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun