Zany Dwi Irawan
Zany Dwi Irawan

Halo semua, terimakasih telah mengunjungi halaman ini.. Saya mengembangkan sebuah website yang bisa anda baca di https://www.bestirons2019.co.uk, membahas seputar setrika uap, dsb. Saya juga seorang yang gemar membaca berita gadget terutama seputar ponsel Android, PC, dsb. Menulis adalah salah satu aktifitas saya di waktu luang, selain bisa berbagi informasi, saya juga bisa menjumpai teman baru dari seluruh Indonesia. Harapan saya, tulisan saya mudah mudahan halaman ini bermanfaat bagi semua.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Rapi dan Bersih

6 Oktober 2018   14:07 Diperbarui: 6 Oktober 2018   16:12 970 0 0
Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Rapi dan Bersih
yourbestdigs.com

Pakaian termasuk kebutuhan pokok untuk semua orang. Oleh karena itu fungsi dari pakaian itu sendiri adalah sebagai pelindung tubuh, selain itu sekarang ini pakaian juga memiliki fungsi sebagai fashion statement dan bentuk ekspresi diri. 

Hampir semua orang gemar sekali membeli dan mengkoleksi pakaian, namun kadang tidak mengerti untuk merawat pakaian agara tetap bersih dan rapi, Berikut Tips yang dapat anda simak dan terapkan : 

Jangan Sering Dicuci

Pakaian jangan terlalu sering dicuci, walaupun tujuannya untuk menjaga kebersihan. Karena dapat merusak serat pakaian dan melunturkan warna asli pakaian. Untuk mengantisipasinya sebaiknya setelah dipakai di jemur sekitar 2-3 jam di bawah sinar matahari terutama jeans atau pakaian yang berbahan tebal.

 Memisahkan Pakaian

Sebelum mencucinya, sebaiknya memisahkan dahulu pakaian yang kotor sesuai dengan warnanya untuk menghindari pakaian yang luntur. Dahulukan mencuci pakaian putih, kemudian pakaian yang berwarna terang barulah pakaian yang berwarna gelap.

Menggunakan Air Dingin

Sebaiknya menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian anda, agar tidak cepat merusak serat kainnya dan menghemat tenaga anda.

Menggunakan Pemutih Ramah Lingkungan

Untuk menghindari penggunaan pemutih yang dapat merusak lingkungan sebaiknya cobalah merendam pakaian dalam air panas yang dicampur dengan baking soda.

Menggunakan Setrika yang tepat

Setrika Uap atau yang biasa kita kenal sebagai steam iron adalah solusinya karena dengan setrika yang panasnya berasal dari uap air lebih cepat menghaluskan permukaan daripada setrika listrik (konvensional). Setrika listrik mendapatkan hasil maksimal dengan menggosok tiga kali, sedangkan setrika uap hanya sekali gosok dari permukaan atas sampai lapisan pakaian bawah langsung halus tanpa membalik dua kali. Setrika Uap dapat menghemat tenaga, biaya serta waktu anda.

Hindari Mencuci Pakaian Bebahan Lembut Dengan Mesin

Untuk menghindari pakaian anda rusak, sebaiknya pisahkan pakaian yang berbahan lembut dengan pakaian lainnya saat mencuci dengan mesin cuci. Kalaupun terpaksa sebaiknya masukkan dalam kantung jala ataupun stocking yang sudah tidak terpakai.

Sebaiknya Lakukan Pengeringan Secara Alami

Pengeringan secara alami di bawah sinar matahari membuat pakaian anda tahan lama, sehingga pakaian akan mudah untuk disetrika.

Menyimpan Pakaian Dengan Bijak

Dengan banyaknya koleksi pakaian anda, sebaiknya anda harus memperhatikan tempat penyimpanan atau lemar anda. Gantunglah pakaian seperlunya dan simpan pakaian dengan melipatnya di lemari anda.

Periksa Petunjuk Perawatan

Peraturan dasar untuk membuat pakaian lebih tahan lama adalah memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencucinya. Bahan kain yang berbeda-beda memiliki kebutuhan masing-masing dalam perawatannya maka itu pastikanlah membaca terlebih dahulu label petunjuk perawatan yang umumnya ada di semua pakaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2