Mohon tunggu...
zamsul bakhri
zamsul bakhri Mohon Tunggu... Auditor - Planter

Seorang planter, menghabiskan waktu bersama matahari

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Roberto Firmino, Lautaro Martinez, dan Sisi Kanan Pertahanan Argentina

29 Juni 2019   10:05 Diperbarui: 30 Juni 2019   14:30 248 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lautaro Martinez (sumber : misionescuatro.com)

Brazil dan Argentina akhirnya akan saling berhadapan di semifinal Copa Amerika setelah masing-masing berhasil menyingkirkan lawan-lawannya di babak perempatfinal, Brazil menang adu penalti atas Paraguay sedangkan Argentina menggasak Venezuela dua gol tanpa balas dini hari tadi.

Banyak pengamat berharap pertemuan ini terjadi di partai final, namun penampilan yang kurang meyakinkan dari Argentina pada babak penyisihan grup membuat mereka hanya mampu lolos sebagai runner-up Grup B dengan hanya 1 kali menang, 1 seri dan 1 kali kalah.

Begitupun dengan Brazil, meskipun mampu tampil sebagai juara Grup A, namun penampilan Brazil terus mendapat cemoohan dari para penggemarnya terutama saat pertandingan melawan Bolivia dan Venezuela yang berakhir imbang.

Roberto Firminho

Firminho selalu menjadi starter ketika Brazil turun bertanding mulai babak penyisihan hingga perempatfinal, baik itu menggunakan formasi 4-3-3 maupun 4-2-3-1 dengan firminho menjadi penyerang tunggal. Dalam empat pertandingan, firminho baru mampu mencetak 1 gol, kalah dibandingkan dengan Coutinho dan Everton yang masing-masing sudah menyumbangkan 2 gol. Meskipun begitu, firminho berhasil membuat 2 assist ketika melawan Bolivia dan Peru.

Ketika bermain imbang melawan Venezuela pada babak penyisihan grup, Firminho terlibat dalam tiga gol Brazil yang dianulir wasit melalui VAR. Yang pertama pada menit ke-38 ketika Firminho berhasil mencetak gol namun dianulir karena terlebih dahulu melakukan pelanggaran dengan mendorong Mikel Villanueva. 

Yang kedua pada menit ke-60 ketika Firminho telah terjebak offside terlebih dahulu sebelum mengirimkan umpan ke Countinho dan yang ketiga pada menit ke-88 ketika terjadi kemelut di depan gawang Venezuela, lagi-lagi Firminho sudah berada pada posisi offside.

Pada pertandingan perampatfinal melawan Paraguay, lagi-lagi Firminho menjadi sorotan. Pada menit ke-54 Firminho diganjar oleh Fabian Balbuena, wasit yang menunjuk titik penalti merevisi keputusannya setelah melihat tayangan ulang VAR dan akhirnya memberikan kartu merah kepada Balbuena. Sampai peluit akhir, Brazil tidak mampu mencetak gol meskipun mengurung pertahanan Paraguay.

Firminho sekali lagi membuat publik Brazil jantungan dengan gagal mengeksekusi tendangan penalti pada babak adu penalti ketika sudah unggul 3-2, beruntung Derlis Gonzalez yang maju sebagai penendang terakhir Paraguay gagal menjalankan tugasnya dengan baik sehingga Brazil unggul 4-3 dan melaju ke semifinal.

Untuk sementara bolehlah disimpulkan, Brazil akan menang jika Firminho menciptakan assist atau gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan