Mohon tunggu...
Zamir Mustafid
Zamir Mustafid Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Jakarta Global University

Saya senang belajar akan perilaku manusia yang meliputi bahasa, pola pikir, dan mentalitas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Komputer dan Kita

6 Agustus 2022   20:47 Diperbarui: 6 Agustus 2022   21:00 68 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Siricharoen, Waralak. (2018)

Di zaman sekarang, teknologi merupakan suatu komponen yang sudah tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, mulai dari bangun tidur hingga bekerja, itu selalu diliputi oleh teknologi.

Teknologi bukanlah hal yang terlalu asing bagi kita, sekumpulan mesin dan transistor listrik yang saling membuka dan menutup sinyal hanya untuk menjalankan suatu fungsi, yang kemudian ditampilkan hasilnya menggunakan Bahasa computer.

Namun, apakah Bahasa Komputer ini dimengerti oleh manusia?, transistor listrik tersebut hanyalah sebuah fungsi internal yang tak mungkin dimengerti manusia, semua yang dilakukan itu diluar nalar dan pengertian manusia.

Lalu bagaimana kita manusia dapat mengerti apa yang dilakukan komputer? Bagaimana menyampaikan suatu input kepada mesin dan bagaimana mesin tersebut mengeluarkan hasil yang dapat diterima manusia? Ilmu IMK adalah alas an bagaimana kita dapat berinteraksi dengan komputer kita,

IMK adalah sebuah paham yang bertujuan untuk meneliti interaksi antar Manusia dengan Komputer, bagaimana komputer menyampaikan hasilnya dan bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan komputer walaupun dengan halangan bahasa komputer dan manusia.

Salah satu fenomena IMK yang bisa dilihat sehari-hari adalah di kehidupan sosial kita, sebagai manusia, kita harus berkomunikasi dengan manusia yang lain untuk menyampaikan kemauan dan maksud kita, hal ini dinamakan komunikasi antar manusia.

 pada zaman dahulu hal ini adalah sesuatu yang selalu dilakukan langsung, namun dengan datangnya teknologi, kita mulai menggunakan beberapa alat untuk berkomunikasi dengan satu sama lain secara spontan.

Teknologi yang digunakan adalah yang sedang kita gunakan pada saat ini seperti komputer dan ponsel, namun pada hakikatnya teknologi ini hanyalah sebagai perantara antar satu sama lain, pesan yang akan kita sampaikan hanya akan dibaca pada penerima satunya, maka bagaimana kita mengirim sebuah pesan melalui ponsel? 

tentu saja dengan melakukan interaksi dengan alat tersebut, kita menekan layarnya saja sudah termasuk interaksi maka bagaimana dengan yang lain? 

Interaksi yang kita lakukan dengan ponsel tersebut adalah yang dinamakan dengan interaksi manusia komputer, dan itulah yang menghubungkan kita dengan teknologi yang ada di sekitar kita.

sebagai contoh lain dalam kehidupan sehari-hari, kita kadang-kadang menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan, untuk berinteraksi dengan alat tersebut kita harus menggunakan remot secara jarak jauh, tentu saja itu merupakan interaksi dengan sebuah komputer secara jarak jauh, sama seperti bagaimana kita berinteraksi dengan ponsel kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan