Mohon tunggu...
ZAMZAMI SAM
ZAMZAMI SAM Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Hobi saya olahraga sepak bola,kepribadian saya,saya orang sangat teliti dalam segala hal,rasa belas kasihan saya tinggi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cerita Satu Bulan Tinggal dan Kuliah di Jember Jawa Timur dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2

23 September 2022   18:53 Diperbarui: 23 September 2022   19:04 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkenalkan nama saya zamzami sam saya mahasiswa dari Universitas samudra(Aceh) yang bertukar di Universitas jember(jawa timur)  dalam program mbkm pertukaran mahasiswa merdeka 2.program studi saya Pendidikan Fisika Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,sebelumnya saya sangat senang sekali bisa ikut dan lolos di program pertukaran mahasiswa merdeka 2 ini,karna merasakan kuliah di pulau jawa adalah salah satu impian saya,

Tanggal 5 juli 2022 adalah pengumuman kelolosan pada program PMM2, setelah melewati berbagai proses pengurusan berkas pada tanggal 19 agustus saya berangkat ke PT tujuan saya yaitu univetsitas jember untuk mengikuti program pmm2 selama satu semester,pertama kali saya tiba di universitas jember tepatnya di kabupaten jember provinsi jawa timur adalah perasaan senang dan masih penuh tanda tanya,karena otomatis saya harus menyesuaikan/beradaptasi di lingkungan yang baru.jujur saya sangat bahagia bisa lolos pmm2 karena saya bertemu banyak teman dari seluruh indonesia dan banyak pelajaran yang saya dapat,di universitas jember saya tinggal di rusunawa putra yang sudah di sediakan oleh pihak universitas jember,saya di lantai 2 kamar 004,bersama 2 teman saya yaitu :diki candid saragih (universitas medan area) dan novriadi putra(universitas malikussaleh) di minggu pertama saya menyesuaikan diri terhadap makanan di sini yang rasanya pedas asin,jujur untuk makanan disini saya tidak terlalu masalah dan merasa cocok karena tidak jauh beda dengan makanan di Aceh,masih di minggu pertama saya masih proses pengisian krs di universitas jember.masuk minggu kedua saya sudah mulai kuliah di sini,jujur saya kagum dengan UNEJ dimana kampusnya yang luas,fakultas nya banyak dan program studinya lengkap,dan sistem pembelajaran ini sangat luar biasa sangat beda dengan universitas asal saya unsam.masih minggu kedua kegiatannya saya tunggu yaitu MODUL nusantara,dimana sebelumnya saya masuk kelompok 7,DPL ibu nurul dwi novikarumsari dan mbak mentor mbak ratih,di modul nusantara minggu 1 saya bertemu teman-teamn satu kelompok saya,dimana di modul nusantara minggu 1 ini,kegiatannya perkenalan diri,masih minggi yang kedua di unej,dimana kami menghadiri acara penyambutan mahasiswa inbound unej yang sebelumnya di tunda,acaranya sangat seru dan penuh budaya,masuk minggu ketiga di mana perkuliahan makin full tugas juga semakin banyak,tapi semua capek dan lelah di setiap minggu perkuliahan di unej semua terbayarkan dan semangat kembali karena setiap sabtu- minggu kegiatan modul nusantara.

Dengan adanya modul nusantara saya bisa mengunjungi berbagai tempat di jember,setalah 1 bulan di jember kelompok saya sudah mengunjungi
1.taman edukasi kebangsaan  unej
2.museum huruf jember
3.puncak wisata rembangan
4.tanoker( desa budaya)

Kesimpulannya saya sangat senang,nyaman bisa merasakan kuliah dan hidup di jember jawa timur saya tidak sabar  lagi untuk merasakan hal-hal baru yang selanjutnya yang sebelumnya tidak pernah saya rasakan di asal saya Aceh. Sekian...
Pmm2 "bertukar sementara bermakna selamanya"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun