Mohon tunggu...
Zamhari
Zamhari Mohon Tunggu... Internet Marketer

Tinggal di Jogja Mahasiswa Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pakar SEO | Pakar Artikel SEO | Pembicara Internet Marketing

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pengalaman Pribadi Memanfaatkan Jasa Sumur Bor

25 Maret 2020   20:31 Diperbarui: 9 April 2021   12:31 4813 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Pribadi Memanfaatkan Jasa Sumur Bor
Ilustrasi sumur bor (Sumber : brighterkind.com)

Dalam membangun tempat tinggal haruslah diperhitungkan segala kebutuhannya, termasuk ketersediaan air, baik di daerah perkampungan maupun kota dengan banyak rumah. Sumur bor di perumahan adalah salah satu solusi untuk mendapatkan air di daerah permukiman padat penduduk tersebut.

Macam-macam Sumur Bor di Perumahan

Terdapat bermacam-macam sumur bor berdasarkan kebutuhan dan kedalaman pengeboran. Biasanya, jasa ini akan memberikan Anda pelayanan gratis mengenai hal tersebut. Berikut informasi mengenai jenis jenisnya:

  • Sumur Bor Dangkal

Kedalaman sumur ini merupakan yang terpendek, yaitu berkisar maksimal 7 hingga 9 meter saja. Penggunaannya sering kali untuk rumah di daerah perkampungan atau rumah dekat dengan sumber mata air. Selain diperuntukkan bagi tempat tinggal, biasanya digunakan untuk irigasi sawah pula.

Untuk jenis sumur ini, biasa dikerjakan selama sekitar 6 jam secara manual dan hanya 2 hingga 3 jam jika menggunakan mesin. Pemilihan cara pengeboran tergantung dari tempat yang akan dibor serta ketebalan tanahnya

Selain dapat dikerjakan dalam waktu singkat, sumur jenis ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya yaitu ketersediaan air yang bergantung pada musim. Sehingga, jika musim penghujan akan sangat melimpah namun saat di musim kemarau bisa berkurang.

  • Sumur Bor Menengah

Memiliki kedalaman sekitar 20 hingga maksimal 40 meter. Biasanya digunakan untuk daerah perumahan, hotel dan tempat-tempat lain dengan daerah lebih luas dan besar. Selain itu, sawah dengan ukuran sangat besar juga dapat memanfaatkan sumur bor menengah sebagai sumber airnya.

Penggunaan sumur ini biasanya lebih dipilih oleh para pengembang perumahan sebagai pengganti penggunaan PDAM. Kelemahannya hanyalah bergantung pada luas lahan dan jaraknya dengan sumber mata air. Kelebihan dari sumur ini pun juga tetap tersedianya air tanpa terganggu oleh cuaca dan musim.

Pengerjaan sumur ini waktunya lebih bervariasi daripada sumur bor ukuran dangkal, dikarenakan kedalamannya berbeda dan lebih dalam. Terlebih lagi, jika lokasi pengeboran agak sulit maka waktu yang dibutuhkan juga lebih lama pula.

  • Sumur Bor Dalam

Biasanya memiliki kedalaman dari 40 bahkan hingga 200 meter. Penggunaannya meliputi kebutuhan rumah sakit, mall, tempat wisata air, hotel mewah berbintang, pabrik dan lain-lainnya. Untuk sumur bor di perumahan, dapat menggunakan jenis ini jika lokasinya dekat dengan sumber mata air.

Kelebihan dari jenis sumur ini tentu saja memiliki kuantitas air lebih banyak, bahkan tidak terpengaruh oleh musim. Selain itu kualitasnya pun bersih, jernih serta tidak berpolusi, karena semakin dalam maka hasilnya jauh lebih berkualitas.

Pengerjaan sumur bor jenis ini harus melalui izin dari instansi terkait, karena kedalaman yang sangat jauh. Maka dari itu, biasanya pengerjaannya pun membutuhkan waktu lebih lama. Ditambah lagi, jika lapisan tanah banyak terdapat bebatuan maka proses pengeboran pun berjalan tidak sebentar.

Proses Pengerjaan Sumur di Perumahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x