Mohon tunggu...
Zamhari
Zamhari Mohon Tunggu... Internet Marketer

Tinggal di Jogja Mahasiswa Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pakar SEO | Pakar Artikel SEO | Pembicara Internet Marketing

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Feature Kompas; Antara Opini dan Realita

7 Februari 2020   18:33 Diperbarui: 7 Februari 2020   18:36 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Feature Kompas; Antara Opini dan Realita
unsplash

Feature Kompas merupakan sebuah rubrik khusus yang selalu dijadikan headline dalam setiap terbitan cetak maupun online-nya. Media satu ini terlihat konsisten dengan kerap kali menampilkan karya sejenis, maka tidak heran jika menjadi salah satu media dengan tulisan-tulisan tajamnya.

Mengenal Tulisan Feature

Tulisan feature adalah jenis karangan yang bersumber dari kisah nyata atau berita sesungguhnya, hanya saja dikemas lebih menarik, mendalam, detail dengan gaya bahasa ringan. Bahkan menyentuh emosional pembaca.

Tidak jarang, tulisan jenis ini justru membuat pembaca lebih mudah paham akan kondisi suatu peristiwa ketimbang membaca tulisan berita aslinya. Sebab, umumnya penyampaian sebuah kejadian hanya berisi sesuatu yang informatif tanpa sebuah penjelasan.

Apa saja Feature di Kompas?

Feature, akhir-akhir ini menjadi tulisan yang hampir punah, bukan karena menurunnya minat pembaca. Akan tetapi,justru disebabkan oleh si penulisnya sendiri, karena memang ia memiliki tingkat kesulitan berbeda dari artikel lainnya.

Akan tetapi, di salah satu media yakni Kompas selalu konsisten menampilkan jenis tulisan ini setiap hariannya. Bahkan, pasti dijadikan headline serta tidak hanya di halaman utama, namun juga pada lembar-lembar selanjutnya. Dan pasti akan dengan mudah ditemukan karangan feature tersebut.

Macam-macam Feature di Kompas

Perbedaan media kompas dengan yang lainnya adalah, tulisan featurenya selalu dapat ditemui di setiap lembar koran maupun halaman website. Mereka pun kerap menyajikan peritiwa kriminalitas menggunakan konsep feature  daripada straight news.

Maka, tidak heran apabila penulisan feature kompas ini cocok dengan gayanya yang sadis, berdarah-darah dan tajam. Media ini menyajikan berbagai macam cerita berdasarkan berita yang ada seperti contoh feature "Uspisera, Wajah Miskin Beranda Indonesia".

Biasanya tulisan jenis ini yang dimuat berupa peristiwa-peristiwa seperti ketimpangan pembangunan, sinergi dengan contoh tulisan "Harmoni TNI-Polri dalam Tarian (Kaka Enda)". Ada pula mengenai konflik sebuah pembangunan dan jenisnya, bahkan sindiran-sindiran untuk pemberantasan korupsi.

Nah, itulah beberapa hal terkait tulisan feature kompas yang dapat menjadi referensi bacaan Anda apabila bosan dengan sesuatu seperti straight news. Cerita seperti ini bisa sebagai angin segar bagi siapapun yang membacanya dengan informasi menarik dan begitu mendetail bahkan kronologinya.

VIDEO PILIHAN