Mohon tunggu...
Zalya Nadine
Zalya Nadine Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Student

-

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Manfaat Perawatan Wajah pada Kulit Remaja

2 November 2022   17:18 Diperbarui: 2 November 2022   17:28 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Perawatan wajah seperti facial hingga skincare, kini merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit wajah, khususnya pada remaja. Dengan berbagai aktivitas yang dilakukan di luar maupun dalam ruangan, penting bagi mereka untuk tetap menjaga kesehatan kulitnya.

Saat memasuki usia remaja, baik laki-laki maupun perempuan, akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan perubahan pada kondisi kulit, serta menimbulkan berbagai masalah di permukaan kulit seperti jerawat, produksi minyak berlebih, komedo, kulit kering, berkeringat, dan kusam. Apabila tidak segera ditangani, permasalahan baru pada kulit akan muncul.

Perawatan kulit remaja tidak dapat disamakan dengan orang dewasa, dikarenakan perubahan hormon saat usia remaja bisa memicu masalah kulit, seperti kulit berminyak dan jerawat. Maka dari itu, penting mengetahui cara merawat kulit wajah remaja dengan tepat.

Perawatan Wajah mempunyai berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda beda, khususnya Skincare. Skincare yang tidak boleh ditinggalkan yaitu basic skincare, karena basic skincare adalah urutan yang paling sederhana seperti sabun cuci muka, pembersih wajah, pelembab, dan yang terpenting tabir surya atau biasa dikenal sunscreen.

Hal itu juga ditegaskan oleh dr.Indah Widyasari Sp.KK. Menurutnya, produk skincare dibutuhkan oleh remaja, tetapi tetap harus dipilih sesuai jenis kulit dan kebutuhannya.

Selain itu, perawatan wajah pada remaja juga bisa menjadi investasi kesehatan kulit di masa depan nanti, karena disaat mencapai umur tertentu, permasalahan kulit akan lebih rumit seperti munculnya tanda-tanda penuaan dini atau biasa disebut dark spot, wrinkle, freckles dan lainnya yang sudah pasti lebih susah ditangani.

Menurut Dr. Gabriella Florencia, rutin membersihkan wajah membuat wajah kamu menjadi lebih sehat. Selalu bersihkan wajah dari riasan wajah ataupun kotoran sebelum beristirahat agar membantu proses regenerasi kulit pada malam hari. 

Sebelum melakukan penggunaan skincare atau membersihkan wajah, jangan lupa untuk membersihkan tangan agar tidak terjadi perpindahan bakteri dari tangan menuju wajah.


Sebelum menggunakan produk skincare kita harus tahu terlebih dahulu jenis kulit wajah kita, apakah kulit wajah kita cenderung kering, berminyak, sensitif atau kombinasi. Kalau produk skincare yang kita pakai tidak sesuai maka akan menyebabkan gangguan kulit wajah, salah satunya bruntusan, jerawat, milia, dan sebagainya.



Daftar Pustaka

SehatQ, 2018, "Panduan Perawatan Kulit Remaja Agar Wajah Bersih Bebas Minyak dan Jerawat". https://www.sehatq.com/artikel/penting-inilah-panduan-perawatan-kulit-untuk-remaja-yang-wajib-diketahui , Senin, 31 Oktober 2022

Dr. Gabriella Florencia, 2019, "Pentingnya Skincare Awareness di Usia Remaja", https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-skincare-awareness-di-usia-remaja , Minggu, 30 Oktober 2022

Kompas.com, Lusia Kus Anna, 2019, "Mengapa Remaja Sudah Butuh pakai Skincare", https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/14/062300120/mengapa-remaja-sudah-butuh-pakai-skincare?page=all , Minggu 30 Oktober 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun