Zalfa Desliana Ramadanty
Zalfa Desliana Ramadanty Freelancer

Pecinta film dan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Berkunjung ke Jembatan Terpanjang se-Asia di Sukabumi

16 Mei 2019   13:13 Diperbarui: 16 Mei 2019   13:46 67 2 1
Berkunjung ke Jembatan Terpanjang se-Asia di Sukabumi
dokpri


Bogor, 16 Mei 2019 - Sukabumi merupakan salah satu kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Selain tekenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu mochi, kota ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Wisata yang ditawarkan kota ini beragam dari mulai tempat bersejarah hingga wisata alam. Salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi adalah Jembatan Situgunung.


Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan alam sambil menguji adrenalin tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat wisata Situgunung di Sukabumi. Tempat wisata ini terbilang baru karena baru diresmikan pada akhir tahun 2018 lalu. Meskipun terbilang baru diresmikan tapi tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada akhir pekan atau libur panjang. Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini juga masih termasuk kedalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Akses untuk mengunjungi tempat wisata ini cukup mudah, begitu keluar dari pintu tol Bogor-Sukabumi kita hanya perlu mengikuti jalan hingga menemukan Polsek Cisaat yang berada di sisi kiri jalan utama yaitu Jl. Sukaraja-Sukabumi. Begitu memasuki gerbang kawasan tempat wisata kita akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 14.000 bagi pelajar saat weekdays dan Rp. 15.500 untuk weekend, sedangkan untuk umum dikenakan biaya sebesar Rp. 16.000 untuk weekdays dan Rp. 18.500 saat weekend. Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda empat akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000 dan untuk roda dua dikenakan biaya Rp. 5.000.

Untuk memasuki area wisata jembatan gantung situgunung atau suspension bridge pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000. Begitu kita membeli tiket di loket dan dipersilahkan masuk kita akan berjalan kaki menuju area wisata jembatan gantung. Jalanan yang kita lewati berbatu dan cukup panjang. Sepanjang perjalanan menuju jembatan gantung kita akan disuguhi oleh pemandangan hijau dari pepohonan yang ada disisi kanan dan kiri jalan.

Setelah cukup lama berjalan kita akan mendapatkan welcome drink yang telah disediakan dari tempat wisata. Selain mendapat teh hangat gratis, kita juga disuguhi dengan singkong dan pisang rebus yang bisa kita ambil sepuasnya. Sambil menikmati teh dan juga singkong atau pisang rebus kita bisa duduk di theater terbuka yang telah disediakan sambil menyaksikan alunan musik yang ditampilkan diatas panggung. Bagi kalian yang mulai merasa lapar tidak perlu khawatir karena disekitar theater terdapat restauran yang menyedikan berbagai makanan dan minuman. Selain menyantap makanan di restoran ini kita juga akan disuguhi oleh pemandangan alam dengan pepohonan hijau yang membentang, kita juga bisa melihat jembatan gantung dari kejauhan.Setelah mengisi perut perjalanan kembali dilanjutkan, masih dengan trek yang sama dan kali ini mulai sedikit menanjak. Setelah tiba di jembatan gantung kita akan dipasangkan sit harness sebagai pengaman saat berada di atas jembatan, karena jembatan gantung ini memiliki tinggi sekitar 161 meter dan panjang mencapai 240 meter dengan kondisi angin yang terkadang berhembus kencang dan membuat jembatan terombang-ambing ke kanan dan kiri. Dari atas jembatan kita bisa melihat hamparan pepohonan hijau yang cukup memanjakan mata. Di atas jembatan ini kita juga bisa berfoto-foto, tapi ingat jangan terlalu lama karena selain akan membuat pengunjung lain menunggu.

Setelah tiba di ujung jembatan kita bisa langsung kembali ke tempat awal atau melanjutkan perjalanan menuju curug sawer yang juga berada didalam kawasan jembatan situgunung. Untuk trek menuju curug sawer ini kita hanya perlu mengikuti jalan yang sudah ditentukan. Jalan yang kita lewati berupa turunan dan cukup terjal dibeberapa titik. Sambil berjalan menuju curug sawer kita akan melewati kawasan perkemahan atau camping ground yang disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata. Setelah berjalan kurang lebih 20 menit kita akan tiba di curug sawer. Curug ini memiliki air yang jernih dan juga segar. Di sekitar curug ini juga terdapat beberapa warung yang menjajalkan dagangannya, jadi bagi kalian yang mulai merasa kedinginan atau haus tak perlu khawatir. Selain pedagang makanan, disini juga terdapat beberapa pedagang aksesoris atau oleh-oleh yang bisa dibeli bagi anda yang ingin memberi buah tangan untuk orang-orang dirumah.

Selain jembatan gantung dan curug sawer didalam kawasan wisata ini juga terdapat danau situgunung. Untuk menuju ke danau ini kita harus menempuh jarak kurang lebih 1 km dari jembatan gantung.

Bagaimana, menarik bukan? Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir karena fasilitas yang sediakan cukup memadai, seperti mushola, toilet umum, dan restauran.