Mohon tunggu...
Achmad Zaky
Achmad Zaky Mohon Tunggu... Wiraswasta - Business Development at XABIDO Indonesia

My interested topics include, but are not limited to: Product Development, Business Management, Finance, Digital and Technology.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Transformasi Digital UMKM Meningkatkan Inklusi Ekonomi Indonesia

21 Desember 2022   06:58 Diperbarui: 21 Desember 2022   07:05 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Social Media Bank BRI (https://instagram.com/bankbri_id)

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) pada tanggal 16 Desember 2022 telah genap berusia 127 tahun, Bank BRI didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto yang dahulu bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. HUT127BRI dirayakan dengan menggelar beragam acara diantaranya launching Qlola by BRI (platfrom terintegrasi produk wholesale banking), peresmian BRILiaN Club yang memfasilitasi minat pegawai dan komunitas internal BRI, serta pameran produk klaster nasabah Mikro binaan BRI (Bazaar klaster Mantriku).

Guna mendukung upaya pemulihan dan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Go Digital sejak tahun 2019 BRI menginisiasi pameran Industri Kreatif bertajuk UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur dimana menghadirkan lebih dari 500 UMKM dari enam kategori berbeda: Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, Healthcare/Wellness dan Digital Technology (Start-up). UMKM selain sebagai penggerak perekonomian juga merupakan pihak yang sangat berdampak dari pandemi Covid-19, oleh karena itu BRI berkomitmen mendorong para UMKM untuk 'naik kelas’ mengadopsi ‘Go Digital’, upaya lainnya yang dilakukan oleh BRI adalah dengan memfasilitasi business matching serta bentuk apresiasi berupa UMKM Award. Selaras dengan prioritas Presidensi G20 yakni inklusi keuangan terkait digital dan akses pembiayaan bagi UMKM, maka BRIPahlawanFinansial berusaha terus mengoptimalkan potensi ekonomi di kawasan Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). Melalui Direktur Bisnis Mikro BRI, Bapak Supari mengatakan “Model pemberdayaan BRI cocok dengan perilaku usaha mikro dan ultra mikro, dan BRI sudah memiliki framework pemberdayaan baku dengan hasil yang terbukti signifikan, BRI juga telah memiliki modul literasi fundamental sampai digital”.

Di Indonesia, digitalisasi perbankan mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir, hal tersebut mengubah cara kerja perbankan dalam hal menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pemerintah Indonesia berkomitmen dan menginginkan pelaksanaan dari transformasi digital serta ekonomi digital menjadi salah satu faktor keberhasilan sektor perekonomian dan keuangan di masa depan menuju Indonesia Emas 2045. Transformasi digital merupakan proses perubahan yang terjadi dalam kegiatan bisnis, organisasi, dan masyarakat secara umum. Untuk mengadopsi penggunaan teknologi digital guna meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan kualitas layanan BRI menghadirkan ragam inovasi digital, salah satunya adalah BRI Digital Saving. BRI Digital Saving merupakan salah satu layanan digital yang diberikan BRI kepada nasabah baru dan nasabah lama, dimana melalui BRI Digital Saving para nasabah BritAma termasuk BritAma Muda (BritAma X) dan BritAma Bisnis dapat melakukan pembukaan rekening secara online, tujuan dari hadirnya produk dan layanan tersebut agar Bank BRI semakin Muda(H) berperan terutama bagi para pelaku UMKM dan masyarakat umum. Inovasi melalui transformasi digital Bank BRI diharapkan mampu mengungkit tingkat pertumbuhan ekonomi sesuai proyeksi dan rencana Pemerintah Indonesia dengan capaian secepatnya menuju pendapatan per kapita masyarakat sebesar 12.535 USD yang menjadi indikator keberhasilan di perekonomian global.

Sumber Gambar: Social Media Bank BRI (https://instagram.com/bankbri_id)
Sumber Gambar: Social Media Bank BRI (https://instagram.com/bankbri_id)

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (Persero), Bapak Sunarso, mengatakan digitalisasi yang dilakukan Bank BRI telah mengakomodir variasi nasabah mulai dari yang tidak mengenal digitalisasi hingga yang paham akan proses digitalisasi perbankan, Digitalisasi di Bank BRI induk lebih menekankan kepada bisnisnya. Bisnisnya lama tetapi proses bisnisnya yang didigitalkan, tujuan yang ingin dicapai adalah efisiensi dan menurunkan segala macam biaya terutama biaya operasional”. Segmen utama nasabah Bank BRI merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dimana oleh sebab itu Bank BRI mampu memetakan karakteristik nasabahnya, adapun ragam nasabah Bank BRI secara umum terbagi 6 (enam): nasabah yang sudah familiar dengan teknologi smartphone, nasabah dengan pengetahuan akan produk finansial yang terbatas, nasabah yang dalam bertransaksi masih dominan menggunakan uang tunai, nasabah yang lebih memilih lembaga/perusahaan keuangan lokal, nasabah yang memiliki pendapatan tidak stabil sehingga tidak begitu nyaman dengan produk pinjaman tradisional, serta nasabah yang lebih memilih perbankan melalui agen daripada perbankan digital.

Dengan adanya pemetaan karakteristik nasabah Bank BRI tersebut, strategi yang digunakan untuk ekosistem UMKM adalah dengan mengimplementasikan pola hybrid bank model yaitu dengan mengintegrasikan kekuatan utama BRI seperti jaringan fisik (offline) dengan proses bisnis digital, sedangkan BRI Agro (anak perusahaan dari BRI induk) memiliki bisnis model yang dijalankan sepenuhnya mengikuti bisnis model digital. Direktur Keuangan BRI, Ibu Viviana Dyah Ayu Retno Kumalasari, mengatakan "BRI induk tetap fokus pada segmentasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menggunakan strategi sistem hybrid, sedangkan BRI Agro berfokus pada segmentasi yang lebih mengenal digitalisasi dan daerah urban".

Digitalisasi yang dilakukan oleh Bank BRI secara luas telah memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan aktifitas finansisal, serta membantu meningkatkan efisiensi perusahaan sendiri dalam pengoperasian bisnisnya. Namun seperti dibidang lainnya, digitalisasi perbankan juga menimbulkan resiko terhadap keamanan data nasabah dan transaksi finansial sehingga perlu adanya tindakan dan pengamanan yang tepat. Oleh sebab itu, untuk memastikan terhindar dari resiko keamanan data dan layanan finansial tersebut, Bank BRI telah mengadopsi teknologi blockchain dalam pengoperasian bisnisnya, terutama dalam hal mempercepat proses pembayaran serta peningkatan keamanan transaksi. Bank BRI telah mengembangkan layanan digital menggunakan teknologi blockchain yang memungkinkan para nasabahnya melakukan aktivitas perbankan semakin Muda(H) dan aman, juga dari sisi pengoperasian bisnisnya menghadirkan efisiensi berbasis teknologi yang canggih dan tangguh.

Sumber Gambar: Social Media Bank BRI (https://instagram.com/bankbri_id)
Sumber Gambar: Social Media Bank BRI (https://instagram.com/bankbri_id)

Transformasi BRI telah berjalan sejak tahun 2016 dengan BRIvolution 1.0 dan mendapat apresiasi ‘The Most Valuable Bank in Southeast Asia and Home to The Best Talent’ berubah menjadi ‘The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion’ pada tahun 2020 saat adanya pandemi Covid-19 dengan BRIvolution 2.0. Terhadap ketepatan strategic response yang terus diperbaharui dan di implementasikan secara berkelanjutan oleh seluruh insan BRILiaN menjadikan Bank Rakyat Indonesia (Persero) tumbuh dan tangguh sebagai World Largest Company peringkat 1 (pertama) di Indonesia oleh Forbes Global 2000. Pada rangkaian acara G20 SOE International Conference di Nusa Dua Bali pada pertengahan Oktober 2022 pakar kebijakan publik dari Harvard Kennedy School, Professor Jay K Rosengard, menyoroti serta memberi apresiasi peran PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) atas kinerja Holding Ultra Mikro yang menjadi salah satu kunci utama keberhasilan meningkatkan inklusi keuangan, “BRI dengan jaringannya di Indonesia merupakan bank yang paling unggul di sektor mikro. Berbagai lembaga lain di dunia pernah mencoba untuk memfokuskan di sektor tersebut namun tidak ada yang sesukses Bank BRI”.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun