Mohon tunggu...
muhammad zaki alimudin
muhammad zaki alimudin Mohon Tunggu... Penikmat fotografi dan selalu sakaw untuk menulis

pecinta kopi, buku dan fotografi, sering juga selingkuh sama penulisan cerita. ah sudahlah, aku hanya terlalu gampang jatuh cinta.... dan menjadi kuli keyboard http://gariswarnafoto.com dan menjadi editor cerita di from east to east.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memahami Personality Diri dengan Big 5 Personality

22 Mei 2021   15:30 Diperbarui: 22 Mei 2021   15:40 248 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Personality Diri dengan Big 5 Personality
Dokumen pribadi

Diri manusia itu kompleks ada banyak lapisan dan ini terkadang membuat manusia sulit dipahami. Untungnya dalam sains itu ada yang disebut dengan pengetahuan yang terkumpul yaitu ketika sebuah bidang keilmuan terus ditumpuk pengetahuannya oleh berbagai generasi dan dalam psikologi ditemukanlah Big 5 Personality atau disebut juga 5 Factor Model.

Awal perjalanan saya dalam menemukan Big 5 Personality (sering disebut juga sebagai 5 Factor Model) adalah karena ingin menambah skill saya sebagai seorang pemasar, ternyata mempelajari psikologi adalah salah satu caranya dan untungnya ada Dr. Jordan Peterson yang berbaik hati mengunggah kelas Big 5 Personlity sewaktu beliau mengajar di Toronto University. Sampai saat ini seri pelajaran Big 5 Personlity tersebut masih yang paling lengkap untuk mempelajari kepribadian dan diunggah secara gratis di Youtube juga loh!

Yuk, langsung saja kita mulai belajar apa itu Big 5 Personlity tapi sebelumnya kita harus paham apa itu personlity atau kepribadian.

Cerita Tentang Saya Untuk Menjadikan

Apa itu Personality atau Kepribadian?

Definisi personality atau kepribadian menurut American Psychological Association (APA) adalah perbedaan individual dalam pola pikir, perasaan, serta perilaku. Artinya perbedaan dari keunikan-keunikan individu secara pola pikir, bagaimana merasakan, dan perilakunya adalah bagian kepribadian atau personality orang tersebut.

Biasanya kepribadian ini juga biasanya terbentuk secara utuh ketika orang menginjak periode young adult atau sekitar awal 20an tahun, meskipun suatu saat bisa berubah karena kondisi tertentu.

Dalam kuliah kelas Personlity yang diunggah oleh Dr. Jordan Peterson di Youtube dia bilang kalau personality adalah bagian selain IQ pada diri manusia. Sebetulnya tidak ada yang namanya EQ (Emotional Quotient) atau kecerdasan emosional yang ada adalah IQ dan Personality (kepribadian).

Lalu apa hubungannya dengan Big 5 Personlity?

Big 5 Personality adalah salah satu cara yang paling mutakhir dalam memetakan dan memahami sifat-sifat yang membentuk kepribadian seseorang. 

Dia juga lebih bagus dibanding tes MBTI loh karena hasilnya lebih konsisten. Ada kemungkinan 50% kalau kepribadianmu berubah ketika mengambil tes MBTI lagi dalam jangka waktu 5 minggu.

MBTI membagi kepribadian dalam 16 tipe yang binari, artinya jika kamu ini pasti kamu bukan itu. Contohnya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN