Lingkungan pendidikan sangatlah penting dalam proses pendidikan,pendidikan merupakan komponen penting untung pembelajaran kehidupan dalam lingkungan.Lingkungan ini bisa sebagai obyek yang lain sebagai pengalaman,setiap interaksi akan menghasilkan energi secara positif.
Retno Sriningsih Satmoko(2000) menjabarkan  kontak pendidikan sebagai lingkungan sekitar mencakup:
a. Tempat lingkunganÂ
b. Kebudayaan
c. kelompokan hidup bersama
Fungsi  lingkungan pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan membantu peserta didik berbagai hal,dapat berkembang dan berprestasi.
Sebagaimana telah kita pahami bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia akibat interaksi lingkungan.karrn interaksi ini manusia dapat bertukar pikiran,berdiskusi dan bertukar pendapat.
Untuk kepenting itulah,lingkungan pendidikan perlu ditata,upaya pelaksanaan pendidikan perlu fasilitas dan tingkat pertumbuhan potensi.
Beberapa komponen yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seorang yakni hereditas,proses perkembangan,.
Faktor lingkungan juga mempengaruhi manusia untuk giat dalam hal yang baru karena lingkungan baik responan masyarakatpun akan baik kualitas berpikiran sangat positif.Makin tinggi peran lingkungan yang baik maka pemikiran manusia disekitar akan lebih baik dan kondusif.
Secara umum dalam merespon lingkungan manusia akan bersikap empat kategori yakni: