Mohon tunggu...
Zakiyah Khoirunnisa
Zakiyah Khoirunnisa Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Singaperbangsa Karawang

Saya merupakan seorang mahasiswa yang selalu mau untuk belajar dan berkembang. Pengalaman baru bagi saya merupakan sebuah tantangan yang luar biasa. Walaupun saya tak memiliki hobi atau minat yang tetap, tapi dalam menjalankan segala sesuatunya saya selalu merasa bahagia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

E-Commerce di Indonesia Berkembang Pesat, Apa Penyebabnya?

14 Mei 2022   10:33 Diperbarui: 14 Mei 2022   10:50 1349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar dari dreamstime.com diolah di canva oleh penulis

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya hal ini mempengaruhi aktivitas manusia. Salah satu bentuk mutasi teknologi dibidang ekonomi adalah munculnya E-commerce.

E-commerce adalah wadah bagi pelaku modal usaha untuk mempromosikan barang atau jasa yang mereka punya, dan menjadi media bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara online.

Kontribusi indonesia dalam pasar E-commerce mencapai 50% di Asia Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa separuh dari keseluruhan ekonomi pasar E-commerce di kuasai oleh masyarakat Indonesia.

Fenomena berkembang pesat E-commerce di Indonesia terlihat dari berbagai aplikasi E-commerce yang setiap harinya bertambah. Dimulai dari Tokopedia, Shopee, Sociolla, OLX, Bukalapak, Blili.com, Zalora dsb. Perkembangan pesat E-commerce di Indonesia tentunya karena berbagai faktor yang ada.  

Faktor Pesatnya Penggunaan E-commerce di Indonesia:

1. Jumlah penduduk yang banyak

Dengan jumlah pendudukan Indonesia yang sangat banyak, tentunya mempengaruhi aktivitas pada belanja online. Terhitung peningkatan jumlah transaksi yang dilakukan di marketplace naik 23% dari tahun 2018 ke 2019.

2. Tingginya penggunaan smartphone

Dari anak-anak sampai dengan orang tua di zaman modern ini pastinya menggunakan smartphone sebagai alat bantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan penggunaan yang semakin tinggi ini tentu besar pengaruhnya dalam aktivitas transaksi online. Terlebih lagi dengan kemudahan mengakses aplikasi E-commerce ini yang tersedia di berbagai app market.

Fakta meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia berdasarkan data bahwa 89% penduduk Indonesia menjadi pengguna smartphone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun