Mohon tunggu...
Zakiah
Zakiah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Buatlah setiap detik bernilai dan bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Balancing Malas dan Kerja

17 Mei 2024   09:25 Diperbarui: 17 Mei 2024   09:28 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: https://grome.id

Dalam dunia yang semakin sibuk dan serba cepat, tekanan untuk terus produktif sering kali membuat kita merasa kewalahan. Namun, ada kalanya rasa malas justru bisa menjadi sinyal dari tubuh dan pikiran kita untuk beristirahat. Alih-alih memandang malas sebagai musuh produktivitas, mengapa tidak belajar untuk menyeimbangkan antara waktu kerja dan waktu istirahat? 

sumber gambar: dokumen pribadi
sumber gambar: dokumen pribadi

Berikut beberapa strategi modern dan menarik untuk mencapai keseimbangan tersebut:

1. Pahami Siklus Energi Anda

Setiap orang memiliki ritme alami atau siklus energi yang berbeda-beda sepanjang hari. Beberapa orang merasa lebih produktif di pagi hari, sementara yang lain mungkin mencapai puncak kreativitas mereka di malam hari. Mengenali dan memanfaatkan waktu-waktu tersebut dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja. Gunakan waktu puncak energi untuk tugas-tugas yang memerlukan konsentrasi tinggi, dan alokasikan waktu energi rendah untuk kegiatan yang lebih santai.

2. Terapkan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang melibatkan bekerja selama 25 menit diikuti oleh istirahat singkat selama 5 menit. Setelah empat siklus, ambil istirahat lebih lama sekitar 15-30 menit. Metode ini membantu menjaga fokus selama bekerja dan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk mencegah kelelahan. Teknik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa malas karena memberi struktur yang jelas pada waktu kerja dan istirahat.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Lingkungan kerja yang nyaman dan menarik dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas. Dekorasi ruang kerja dengan tanaman, pencahayaan yang baik, dan barang-barang yang Anda sukai dapat membuat Anda merasa lebih bersemangat untuk bekerja. Selain itu, pastikan Anda memiliki kursi dan meja yang ergonomis untuk mendukung kesehatan fisik.

4. Tetapkan Batasan Waktu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun