Mohon tunggu...
Zaizha PutriRamadhani
Zaizha PutriRamadhani Mohon Tunggu... Pendidikan Luar Biasa FKIP UNS

Learning by doing

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Jadi "Gak Enakan", Menolak Itu Ternyata Gak Apa-apa, kok

16 November 2020   17:30 Diperbarui: 16 November 2020   17:40 68 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Jadi "Gak Enakan", Menolak Itu Ternyata Gak Apa-apa, kok
Photo by Kat Jayne from Pexels

Kalian pernah gak sih ketemu sama orang yang selalu me-'iya'-kan permintaan atau ajakan orang lain? Padahal sebenarnya orang itutidak mampu untuk melakukannya, atau sebenarnya iya ingin berkata 'tidak' tapi gak enak sama orang itu.

Jangan-jangan kalian termasuk orang itu tapi kalian belum sadar. Nah, ada nih julukan buat orang-orang yang seperti ini, namanya "People Pleaser"

Sebenarnya apa sih yang dimaksud people pleaser?

People pleaser adalah seseorang yang menempatkan kebahagiaan orang lain diatas kebahagiaan dirinya sendiri. Orang-orang people pleaser ini selalu berusaha membuat orang lain senang dengan cara apapun, yang paling parah jika untuk menyenangkan orang lain mereka harus mengorbankan dirinya sendiri. Membuat banyak orang senang memang menjadi dirikita mudah disukai, tetapi ini juga bisa menjadi peluang bagi orang lain untuk memanfaatkan kebaikan kita.

Sebenarnya penyebab seseorang menjadi people pleaser rata-rata dikarenakan ia memiliki pengalaman yang kurang baik di kehidupan masa lalunya. Bisa jadi ayah atau ibunya sering marah hanya karena ia meminta seseuatu atau berbeda pendapat dengan orang tuanya, atau mungkin dia dibesarkan oleh orang tua yang lemah. Maka ia terpaksa untuk menyembunyikan hal-hal yang sebenarnya ingin ia utarakan demi melindungi perasaan orang tuanya dan tidak menambah beban pikiran. 

Selain itu sifat people pleaser juga bisa tumbuh karena mungkin dulunya pernah menjadi korban bullying dan memiliki trauma terhadap itu. Karena dulu ia tidak mempunyai ruang untuk mengutarakan pendapat sesuai jalan pikirannya dan menganggap bahwa perbedaan opini dapat menimbulkan perselisihan membuat pola pikirnya menganggap bahwa untuk bertahan hidup ia harus menjadi seseorang seperti apa yang diharapkan orang lain.

Lalu, apa saja ciri-ciri yang menandakan seorang menjadi people pleaser?

1. Selalu berkata "ya", walau dalam hati keberatan

Nah, buat kalian yang sering seperti ini harus hati-hati nih jangan-jangan kalian itu people pleaser. Orang-orang people pleaser sering merasa tidak enak jika menolak ajakan atau permintaan orang lain, sehingga iya selalu meng-iya-kan semua permintaan itu. Walaupun menolong itu adalah hal baik, tapi perlu diingat kita juga perlu tahu batasan diri kita.

2. Sering memikirkan perasaan orang lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x