Mohon tunggu...
Zain Wirasena
Zain Wirasena Mohon Tunggu... Football Blogger

Pemuda Asal Tangerang Selatan, menuntut ilmu sepakbola dan futal dari dunia borderless dan dinamik. Berkreatif juga di laman Instagram @zainfootball mengkurasi tentang sepakbola Asia Tenggara. Pernah berkecimpung jadi Manajer, Pelatih, sampai Direktur Teknik beberapa masa lalu.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pentingkah Liga Indonesia Dilanjutkan di Masa Kritis Pandemi?

10 September 2020   11:21 Diperbarui: 10 September 2020   11:25 105 6 0 Mohon Tunggu...

Di kala masa ekskalasi penyebaran virus corona menanjak di Indonesia dan angka pasien semakin membuat dada berdebar, Liga Indonesia malah akan segera di mulai 20 hari lagi. Dengan banyak pertimbangan petinggi sana-sini akhirnya diketuk palu Oktober menjadi babak lanjutan Liga Indonesia.

Jelas wacana pro kontra naik dan tersiar dari beberapa pengamat dan pecinta sepakbola nasional. Sebenarnya seberapa urgensi Liga Indonesia harus di mulai kembali di masa pandemic yang semakin krritis?

Dari pandangan penulis untuk mereka yang sangat Pro kepada Liga dilanjutkan di masa kritis pandemic mungkin memiliki alasan berikut:

1)Mereka butuh hiburan.

2)Pemain, pelatih,dan staf butuh penghasilan.

3)Agenda Piala Dunia U-20 tahun 2021

4)Agenda bisnis atau sponsorship klub

Dari pandangan penulis untuk mereka yang kontra kepada Liga dilanjutkan di masa kritis pandemic mungkin memiliki alasan berikut:

1)Mendahulukan kepentingan nyawa masyarakat Indonesia.

2)Tidak ada agenda sepakbola yang berarti di tahun 2020.

Pandangan penulis terkait “seberapa urgensi Liga Indonesia harus di mulai kembali di masa pandemic yang semakin kritis?” jawabannya tidak penting secara kacamata sepakbola. Mengapa? Dari agenda sepakbola di Asia 2020 sudah diundur semua ke 2021 dan mendahulukan kepentingan moral atau nyawa banyak orang harus menjadi focus urgensi kita saat ini, dengan kasus virus yang melonjak pertambahannya hingga 3000 kasus perhari dan beum berhentinya gelombang pertama para ahli mengkhwatirkan Indonesia menjadi pusat pandemic.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN