Mohon tunggu...
Zainurrohmah
Zainurrohmah Mohon Tunggu... Penulis - Catatan Mahza

Bukan siapa-siapa. Sekadar hobi untuk healing. Kritik dan saran monggo... Maturnuwun...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar, Bagaimana Caranya?

27 Mei 2022   22:19 Diperbarui: 27 Mei 2022   23:33 125 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Masa sekolah merupakan masa yang tidak lepas dari yang namanya belajar. Belajar sendiri merupakan proses mempelajari sesuatu, dari yang tidak tahu menjadi tahu. 

Menurut Wikipedia, belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. 

Bagi sebagian orang, belajar menjadi sesuatu yang berat untuk dilakukan. Ada yang mengalaminya? Akibatnya, banyak orang yang merasa malas melakukannya. Padahal, proses belajar bisa dijadikan sebagai proses yang menyenangkan loh.  Tapi, jangan khawatir. Dalam artikel ini saya akan berbagi sedikit tips agar dapat meningkatkan semangat belajar. 

Berikut ini tips untuk meningkatkan motivasi belajar yang menyenangkan:

1. Atur Waktu Belajar Sesuai Keinginanmu

Hal ini penting loh dilakukan. Kenapa? Karena kamu sendiri yang tahu kapan waktunya kamu merasa senang untuk belajar dan sebaliknya. Jadi, buat kamu usahakan kalau belajar di waktu yang memang kamu banget. Misalnya, ada yang waktu belajarnya setelah maghrib, setelah isya, tengah malam, bahkan di waktu pagi hari. Semua tergantung kamu ya. Bebas pilih deh waktunya. Yang penting menurut kamu itu adalah waktu yang pas. Biar bisa masuk tuh pelajarannya. 

2. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Kenapa penting? Iya, biar semangat belajarnya. Buat kamu yang suka musik misalnya, bisa tuh belajar sambil mendengarkan musik, kalau itu mimin banget. Hehe. Atau belajar dengan suasana hening, kalau tidak hening jadinya kurang fokus, oke berarti kamu pilih waktu yang pas ketika hening. Atau bisa dengan mencari suasana baru agar bisa meningkatkan semangat belajar. 

3. Buat Target Belajar

Membuat target belajar bisa meningkatkan semangat belajar loh. Kamu jadi punya tanggungjawab untuk melakukannya. Selain itu, dengan memiliki target dalam belajar, akan memberikan motivasi bahwa kamu harus menyelesaikan rencana yang sudah dibuat. Awal-awal mungkin terasa berat, tetapi kalau sudah terbiasa pasti akan ringan untuk melakukannya. Selain itu, kamu akan lebih bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya dengan mempelajari pokok bahasan yang sudah kamu rencanakan. 

4. Kenali Gaya Belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan