Mohon tunggu...
Zainuri michel
Zainuri michel Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Memahami Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme Beserta Pemikiran Tokoh-tokohnya

17 Mei 2020   23:40 Diperbarui: 17 Mei 2020   23:48 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Alhamdulillah berjumpa lagi bersama saya , kalian sudah tau kan apa maksud dan tujuan saya ,ok benar sekali disini saya akan berbagi ilmu lagi tentang materi filsafat pendidikan rekonstruksionisme beserta Tokoh-tokohnya, langsung masuk dalam pembahasannya check this out
1. Filsafat pendidikan rekonstruksionisme
Sebelum masuk dalam pembahasan rekonstruksionisme kita harus memahami dulu pengertian rekontruksi ialah membangun kembali atau menyusun kembali sedangkan rekonstruksionisme Pengertiannya ialah suatu aliran dalam filsafat yang mempunyai tujuan yakni berusaha dalam membangun kembali atau merombak tata susunan lama(kuno) dan menyusun kembali tatanan kebudayaan yang baru(modern). Pada dasarnya aliran ini mempunyai tujuan atau pemahaman yang sama dengan aliran parenialisme yakni pada intinya ingin menciptakan kebudayaan lama menuju kebudayaan yang modern akan tetapi tidak menghilangkan unsur unsur budaya yang lama. Hubungan dalam pendidikan mempunyai tujuan tersendiri menurut aliran ini tujuan pendidikan ialah untuk menciptakan manusia yang mempunyai kesadaran tinggi dalam menghadapi masalah dalam dunia ini karena pada hakikatnya dunia ini  bersifat dinamis atau berkembang maka dari itu manusia harus bisa memecahkan masalah masalah yang dihadapi contohnya dalam permasalahan ekonomi, sosial, maupun politik. Untuk kurikulum yang dipakai dalam aliran ini ialah peserta didik yang harus mengikuti kurikulum karena maksud dan harapan dalam aliran yakni untuk menciptakan manusia yang pada intinya bisa memecahkan masalah tersendiri dalam kehidupannya.
2. Tokoh-tokoh dan pemikiran aliran rekonstruksionisme
-Carroline patt dilahirkan di negara super power yakni Amerika. Pandangan filsuf ini mengenai pendidikan ialah bercita-cita untuk menghasilkan seseorang yang bisa berfikir secara efisien dan efektif dan tindakannya harus konstruktif yang mana tujuan dari manusia tersebut supaya bisa merubah dunia yang lebih baik lagi.
-George count ialah tokoh penggerak utama dengan filsuf Harold Rugg, John dewey ialah pelopor dari pemikiran mereka yang mempunyai tujuan untuk mengkontruks masyarakat yang baru yang dipandang layak dan bijaksana. Tujuan dalam pendidikan ialah menjadikan lembaga pendidikan sebagai tempat atau wahana untuk membangun masyarakat.
-Paulo friere dilahirkan di negara yang saya kenal dengan beladiri Capoeira yakni Brazil yang lahir pada tahun 19 September 1921. Paulo ialah seorang tokoh pendidikan yang famous(terkenal) di negara Brazil dan seorang teoritikus pendidikan yang sangat berpengaruh pada dunia ini. Pandangan beliau mengenai pendidikan ialah untuk menciptakan sebuah lembaga pendidikan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat yang mana ilmu yang didapatkan di lembaga di pendidikan harus transfer atau diamalkan supaya orang yang tidak berpendidikan bisa mendapatkan ilmu pengetahuan juga.

Sekian tulisan tentang materi ini, semoga orang yang membacanya bisa memahami dan mengamalkan juga seperti yang dikatakan Paulo freire. Kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya
See you next time guys.
Salam bahagia untuk kita semua
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun