Mohon tunggu...
Zainal Tahir
Zainal Tahir Mohon Tunggu... Politisi

Dulu penulis cerita, kini penulis status yang suka jalan-jalan sambil dagang-dagang. https://www.youtube.com/channel/UCnMLELzSfbk1T7bzX2LHnqA https://www.facebook.com/zainaltahir22 https://zainaltahir.blogspot.co.id/ https://www.instagram.com/zainaltahir/ https://twitter.com/zainaltahir22 https://plus.google.com/u/1/100507531411930192452

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menyusuri Daerah yang Gemah Ripah Loh Jinawi

3 November 2019   18:24 Diperbarui: 3 November 2019   18:32 44 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyusuri Daerah yang Gemah Ripah Loh Jinawi
Dokumentasi Pribadi


Negeri ini begitu kaya dan makmur. Negeri Indonesia ini sejak zaman dulu dicitrakan sebagai negeri yang subur, makmur gemah ripah loh jinawi.

Ungkapan 'Gemah Ripah Loh Jinawi' seakan menggambarkan betapa tentram dan makmur serta suburnya tanah Indonesia. Semua hasil alam melimpah ruah seakan tidak mungkin tanah Indonesia menjadi tanah miskin yang kekurangan.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Sebab Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alam, baik yang ada di atas tanah, yang tersembunyi dalam tanah atau yang ada di laitan luas. Negeri ini adalah negeri yang serba ada.

Tengoklah Kalimantan Selatan. Saya berkeliling di belahan tenggara provinsi yang berpusat di Banjarmasin hari ini, minggu 3 November 2019. Saya menyusuri Kabupaten Tanah Bumbu hingga ke pelosok desa. Saya dapati setiap desa sudah terkangkau dengan fasilitas jalan beraspal hotmix.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dan kemakmuran daerah ini pun saya saksikan langsung. Di sisi-sisi jalan yang saya lalui hanya ada kebun karet dan kebun sawit. Di antara kebun-kebun itu, agak jauh dari jalan raya, denyut aktifitas tambang batubara mewarnai sela-sela perkebunan.

Begitu banyak saya lihat aktifitas pertambangan, beroperasi 24 jam tiada henti.

Inilah Kalimantan Selatan yang kaya dan makmur itu.

Saya begitu senang menyusuri daerah yang gemah ripah loh jinawi ini. 

ZT -Mantawe, 3 November 2019

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x