Keamanan

Polda Kalimantan Selatan Kini Berstatus Tipe A

24 Mei 2018   23:10 Diperbarui: 25 Mei 2018   00:01 583 0 0
Polda Kalimantan Selatan Kini Berstatus Tipe A
Spri TB2

Wakapolri, Komjen Pol Drs Syafruddin Msi, secara resmi mengukuhkan kenaikan tipologi Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan menjadi Polda berstatus tipe A, di lapangan Mako Brimob Polda Kalsel, Kota Banjar Baru, Kamis sore 24 Mei 2018.

Spri TB2
Spri TB2
"Peningkatan tipe mesti diikuti kenaikan kinerja aparat yang mengedepankan profesionalitas," kata Syafruddin seraya berharap situasi kamtibmas semakin kondusif dan menunjang pembangunan di daerah.

Spri TB2
Spri TB2
Ia  memastikan ada penambahan personel baru di wilayah hukum Polda Kalsel. "Kami tekankan, penambahan personel secara bertahap dipenuhi seiring kenaikan tipologi. Idealnya, personel untuk Polda Kalsel yang menjadi tipe A adalah sebanyak 18-20 ribu, saat ini hanya 9 ribu personel," ujarnya.

Spri TB2
Spri TB2
Otomatis jika personil bertambah,  pemerintah pusat juga menambah fasilitas dan anggaran operasional Polda Kalsel. Pangkat Kepala Polda Kalsel, Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana juga segera dinaikkan menjadi bintang dua. "Esok pagi, sekembalinya kami di Jakarta langsung kami usulkan segera diparaf dan diteken, menjadi bintang dua," jelas Syafruddin.

Komjen Pol Drs Syafruddin MSi bersama Brigjen Pol Rachmat Mulyana
Komjen Pol Drs Syafruddin MSi bersama Brigjen Pol Rachmat Mulyana
Peningkatan tipe Polda Kalsel sudah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan, untuk memastikan terpenuhi kriteria dan persyaratan. Indikatornya mengacu perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan kamtibmas serta kecenderungannya, kesiapan jumlah personel, dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah.

Komjen Pol Drs Syafruddin MSi
Komjen Pol Drs Syafruddin MSi
Spri TB2
Spri TB2
Peningkatan tipologi Polda, menurut Syafruddin, tentu saja konsekuensinya penambahan personel secara kuantitas. "Hal ini hendaknya turut diiringi peningkatan kualitas sumber daya Polri. Yang paling utama, Polri harus makin profesional," tegasnya.

ZT, 24 Mei 2018