Mohon tunggu...
Zainal Abidin
Zainal Abidin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Generasi Perubahan Bangsa

Ikuti saya di Instagram @zainalabidin1453 (Mari merangkai hubungan pertemanan yang positif, membangun banyak relasi, dan saling mendukung antara sesama).

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Apa yang Ingin Kamu Lakukan dengan Hidup Kamu?

19 November 2022   18:36 Diperbarui: 19 November 2022   18:51 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar from qoala.app

Apa yang Ingin Kamu Lakukan Dengan Hidup Kamu?

Apa yang ingin Kamu lakukan dengan hidup Kamu? Ini adalah pertanyaan yang hampir semua orang tanyakan pada diri mereka sendiri. Itu juga pertanyaan yang menurut saya tidak perlu Kamu tanyakan sejak awal.

"Saya tidak tahu apa yang ingin saya lakukan dalam hidup, yang saya tahu bukan tentang ini."

Itulah perasaan yang direfleksikan hampir semua orang. Sebuah cerita singkat seseorang, Dia berusia pertengahan dua puluhan, cerdas dan pekerja keras. Tapi dia masih terjebak pekerjaan yang tidak terlalu banyak diluar upah minimum. Setiap tahun, dia memberi tahu saya, bahwa dia mendaftar ke Universitas, tetapi tidak pernah berhasil. Mengapa? Karena dia tidak bisa menjawab pertanyaan itu.

Gairah

Saya khawatir banyak orang jatuh ke dalam perangkap yang sama. Perangkap percaya bahwa mereka perlu membuat keputusan besar dalam hidup sebelum mereka dapat mulai melakukan apa pun. Perangkap yang Kamu butuhkan untuk dilahirkan dengan penuh gairah. Dan kebohongan bahwa bisa menggabungkan minat Kamu dengan profesi itu mudah.

Ketika orang bertanya kepada saya apa yang akan saya lakukan dalam lima atau sepuluh tahun, saya biasanya mengatakan kepada mereka bahwa saya akan menjadi seorang pengusaha sukses. "Oh. Apa bisnis Kamu nantinya?” Saya punya alasan untuk percaya bisnis dibidang internet itu bagus dan bisa juga. 

Antara pendapatan dan pekerjaan lepas, saya berharap menghasilkan sekitar puluhan jutaan rupiah tahun ini. Upaya terkonsentrasi untuk empat atau lima tahun ke depan pasti bisa membuat ini menjadi pendapatan yang layak.

Tapi saya biasanya tidak mengatakan itu. Karena bukan itu intinya. Sejujurnya, saya tidak tahu di mana saya akan berada dalam sepuluh tahun kedepan. Rekam jejak saya menunjukkan bahwa hasrat saya telah berkembang pesat, bahkan selama beberapa tahun terakhir.

Menceritakan kisah saya sebagai CEO remaja, menjadi jelas bahwa hasrat saya sudah berkembang. Ada minat dalam kewirausahaan dan membuat perbedaan. Namun dari minat tersebut, Saya membuat langkah-langkah kecil, masing-masing membangun gairah. Saya tidak percaya perjalanan Saya pernah dimulai dengan memutuskan apa yang ingin Saya lakukan dengan hidup Saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun