Mohon tunggu...
Zainabcanu Canu
Zainabcanu Canu Mohon Tunggu... Dosen

Penikmat kopi _ baca buku_fashion

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Melawan Malas dengan Jurus 5 Menit

28 Januari 2020   18:18 Diperbarui: 28 Januari 2020   18:19 23 1 0 Mohon Tunggu...

Procrastination merupakan toxic penghancur segalanya, banyak hal yg kita inginkan dalam hidup baik itu impian, prosgress, passion apapun itu terkait dengan goal oriented  akan mudah teranulir oleh  yang namanya prokrastination, selalu saja ada alasan klasik untuk selalu menunda tugas dan responsible yg mendekati deadline.

Nanti ah 5 menit aja buka pinterest, nanti ah 10 menit aja dengar musik, nanti ah 10 menit aja malas-malasan, kan waktunya masih panjang siang juga bisa, tiba waktu siang ah malam juga ada waktu, tiba waktu malam kan bisa lembur, boro2 ngerjain tugas, laptop aja ogah-ogahan mau dibuka ngantuk keburu menerpa hasilnya pekerjaan tertunda dengan sukses.

aghhhh wallah, ini toxic yang selalu mewabah dalam life styleku dan mungkin kasus ini menjamur ke hampir semua orang. Padahal jika kita memanfaatkan waktu 5 menit untuk sesuatu yang manfaat dengan menggunakan jurus ngemil 5 menit untuk hal - hal yang produktif dan positif misal 5 menit membaca buku, 5 menit mendengar audio afirmasi diri, 5 menit baca qur'an atau 5 menit menulis kalimat syukur dan 5 menit berolahraga jika jurus dan konsep ngemil 5 menit ini kita terapkan setiap harinya automatically akan berdampak baik dan sehat terhadap perkembangan dan pengembangan diri kita.

ibarat kita nyicil, nabung, lama kelamaan akan bertambah dan outcome dari konsep 5 menit ngemil, kepuasan hidup akan selalu terdesaign dalam setiap lini aktivitas hidup kita, metode simple dan fun ini sdh mulai saya terapkan step by step  dengan cara diforce/memaksa diri sebab habit itu terbentuk lewat keterpaksaan.

dalam konsep psikology jika dalam 20 hari kita aktif melakukan aktifitas yang sama maka aktifitas itu akan berlangsung selamanya, itu sebabnya mengapa Allah mewajibkan puasa selama sebulan untuk imsak dari makan dan minum, imsak untuk menekan hawa nafsu serta gejolak emosi negatif yang membelenggu jiwa kita. Ibaratnya kita diperintahkan jadi org baik dalam sebulan, timbal baliknya secara psikologis kita akan menjadi orang yang baik secara permanent, coba deh !!!!!!!

Nah, problem pribadi saya terkadang terlindas oleh moody yang fluktuatif...hadeeeeh ironis yach, saya tau cara mengcounter toxic  tapi masih juga harus terkendala dengan toxic lainnya yang sudah mewabah dalam diri saya, So PR saya saat ini adalah bagaimana cara saya mengcontrol sifat moody yang cenderung menjadi penghancur pencapaian -- pencapaian  positif dalam hidup saya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x