Mohon tunggu...
Zaidan Zuhri
Zaidan Zuhri Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Kesehatan Masyarakat Kader IMM Cabang Ciputat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Inovasi Baru dalam Edukasi Jarak Jauh Mengenai Covid-19 kepada Masyarakat

1 Maret 2021   11:40 Diperbarui: 1 Maret 2021   11:59 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inovasi Baru dalam Edukasi Jarak Jauh Mengenai Covid-19 kepada Masyarakat
SI BOTI (Siaga Bot Informasi)/dokpri

Perkembangan media informasi saat ini telah berkembang dengan pesat. Masyarakat dapat menerima informasi apapun terutama mengenai COVID-19 dengan mudah. Banyak sekali informasi yang beredar di masyarakat dan sangat berisiko bagi masyarakat dalam menerima informasi yang Hoaks atau kurang tepat. Kami mahasiswa Kesehatan Masyarakat UIN Jakarta Kelompok 3 PBL berupaya untuk tetap melakukan edukasi kepada masyarakat melalui Bot Whatsapp kepada masyarakat di RW 08 Kelurahan Pondok Benda. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan kami dalam bertatap muka dengan masyarakat secara langsung.

"Kita harus bisa mengetahui tentang bahaya dan cara pencegahan dari penyakit yang sedang mewabah di negeri kita tercinta ini. Kita harus bisa melindungi diri dan keluarganya dari

bahaya COVID-19" imbuh Ibu Vanie selaku warga dan Kader Kesehatan di RW 08 Kelurahan Pondok Benda

Bot Whatsapp ini kami beri nama dengan Si Boti (Siaga Bot Informasi) yang berisi edukasi mengenai Penerapan 3M dan Kesehatan Lingkungan serta sebagai media pelaporan pelanggaran protokol kesehatan. Diharapkan Si Boti ini dapat menjadi teman masyarakat untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai COVID-19 agar dapat terhindar dari Hoaks.

Dari Bu Ira selaku warga dan Kader Kesehatan juga berkata "Dengan adanya Si Boti, warga jadi lebih tau masalah COVID-19 seperti pengggunaan masker, mencuci tangan yang baik untuk kebersihan agar tidak mudah terkena virus. Selain itu, saya suka berikan informasi ke teman-teman di grup sehingga yang lainnya dapat mengetahui edukasi dari Si Boti ini."

VIDEO PILIHAN