Mohon tunggu...
Dwi nurazizah
Dwi nurazizah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ijhad walaa taksal

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PSBB Bermanfaat dengan Self Management

13 Mei 2020   09:01 Diperbarui: 13 Mei 2020   09:07 9 1 1 Mohon Tunggu...

   Pemimpin sesungguhnya adalah mereka yang dapat melakukan self control dan memimpin dirinya sendiri.

Dalam mewabahnya covid-19 saat ini, Pembatasan Sosial Berskala Besar atau yang lebih gampang dihafal masyarakat yaitu PSBB. PSBB di Malang akan resmi dilakukan terkait keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia atas pelaksanaannya PSBB. Keputusan nomor HK.1.071 Menteri Kesehatan /305/2020 tentang penetapan PSBB di wilayah Kota Batu dan Malang raya yaitu Kota Malang dan Kabupaten Malang. Yang telah di tandatangani oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. 

Mengapa di Malang raya diberlakukan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB)? Karena untuk mencegah penularan covid-19 yang semakin cepat penularannya. Bagaimana sikap kita dalam menanggapi persoalan tersebut? 

Dengan cara mematuhi aturan dan tetap menjalani isolasi diri di rumah masing - masing yaitu memenejemen diri. Memang apa hubungan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan self management? Hubungannya adalah untuk kebaikan diri sendiri dan orang  lain. Karena prinsip self management salah satunya yaitu  disiplin. 

Mengapa? Karena semua tidak akan terjadi jikalau tidak ada kedisiplinan pada diri kita dan melakukan perubahan tidak bisa cepat seperti hembunya angin.  Benarkan? Jika awal penyebaran covid-19 dulu kita disiplin maka saat ini tidak akan ada yang namanya penetapan pembatasan sosial berskala besar yang melanda kota kita tercinta. Sungguh miris memang. 

Menurut Gie [1996:95] pengertian  self management adalah dimana seseorang menetapkan tujuan hidup bagi dirinya dan ia harus mengatur dan mengelola dirinya sebaik - baiknya untuk membawanya ke arah tercapainya tujuan hidup dan juga segenap kegiatan dan langkah mengatur dan mengelola dirinya. 

Terdapat beberapa Dimensi dalam menejemen diri yaitu: pikiran, tubuh, perasaan, dan spiritual. 

1. Pikiran

Mampu  mengendalikan pikiran dan berpikir yang tepat serta daya analisa dan kreatifitas yang baik.

2. Tubuh

Tubuh tetap sehat dengan menjaga pola makan, olahraga teratur dan tidur secara teratur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN