Mohon tunggu...
Zahwa Alrizky
Zahwa Alrizky Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa semester 6 yang berharap dapat lulus tepat waktu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kekuatan Selebriti Internet terhadap Minat Beli Produk Bittersweet by Najla

9 April 2021   03:46 Diperbarui: 9 April 2021   03:46 85 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekuatan Selebriti Internet terhadap Minat Beli Produk Bittersweet by Najla
Najla Farid Bisyir owner Bittersweet By Najla

oleh : Zahwa Alrizky

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat persaingan bisnis semakin ketat. Hal ini menuntut pemilik bisnis berinovasi dalam memilih strategi pemasaran. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk memasarkan produk mereka agar produk tersebut dapat dikenal oleh mastarakat luas. Dengan demikian, banyak perusahaan yang menggunakan teknologi internet dalam mempromosikan produknya yang dikenal dengan istilah digital marketing (pemasaran digital). Digital marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen di mana saja.

Konsumen semakin cerdas untuk melakukan keputusan pembelian pada sebuah produk. Menggunakan selebriti internet sebagai iklan / endorsement dapat meningkatkan minat pembelian terhadap produk yang dipromosikan. Endorsement yang dilakukan pada selebriti internet ini merupakan salah satu bentuk iklan atau digital advertising. Tujuannya adalah agar masyarakat tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan. Selebriti internet adalah orang yang menjadi terkenal melalui internet. Internet memungkinkan orang untuk menjangkau khalayak di manapun dan menjadi terkenal di dalam satu atau lebih komunitas internet. Tergantung media yang digunakan, jika dengan platform Instagram maka disebut Selebgram, jika dengan platform Tiktok maka disebut Tiktokers, dan masih banyak lagi. Selebriti internet dijadikan sebagai rekomendasi dan media saran untuk keputusan pembelian bagi para pengikutnya karena adanya faktor kepercayaan yang dimiliki pengikut terhadap selebriti yang disukai.

Bittersweet by Najla merupakan salah satu usaha produk makanan penutup (dessert) yang dibuat oleh ownernya sendiri yaitu Najla Farid Bisyir. Bentuk makanan ini adalah dessert box dengan berbagai macam varian rasa yang sangat menggugah selera. Najla melakukan promosi dengan cara endorsement ke berbagai seleberiti internet baik di Instagram maupun Tiktok. Najla merasakan sendiri kekuatan endorsement terhadap produknya. Berawal dari hobi masak, kini Najla menekuni bisnis dessert box-nya dan memiliki banyak reseller hampir di seluruh Indonesia.

Sejak awal, Najla memfokuskan dessertbox nya pada penjualan online melalui market place atau gojek. Namun kini Najla telah memiliki beberapa outlet yang berlokasi di Kalibata, Kemang, Sunter, Rawamangun, Depok, dan Bogor. Najla tetap mengoperasika online storenya dengan sistem PO atau preorder. Harga dari dessert box Bittersweet by Najla ini juga bisa dibilang murah yaitu Rp.75.000,- untuk satu box berukuran 10x10 cm dengan berat 500gr. Belakangan ini Najla aktif mengendorse beberapa Tiktokers hingga bittersweet by Najla sangat ramai diperbancangkan dan diinginkan oleh semua orang. Najla bekerjasama dengan Tiktokers seperti Cacil, Pinat, Fatya Izzati, Dita Kerang, hingga Sisca Kohl.

tangkapan layar
tangkapan layar
Mereka mempromosikan bittersweet by Najla dengan membuat konten video di tiktok seperti review bittersweet by Najla. Video yang paling viral adalah video yang dibuat oleh Amritsa Raje yang mendapat emas dan sejumlah uang didalam dessertbox nya. Videonya telah ditonton sebanyak 18.8jt kali dan mendapat 2.7jt like. Emas di dalam dessertbox merupakan inovasi dan kejutan dari Najla untuk orang-orang yang beruntung. Hal tersebut juga menjadi daya tarik agar masyarakat lebih tertarik lagi untuk membeli dessertbox karena terdapat emas dan sejumlah uang didalamnya. Lalu video yang diunggah oleh Pinat, Tiktokers asal Bandung yang rela pergi ke Jakarta hanya untuk mencoba bittersweet by Najla. Videonya telah ditonton sebanyak 8.6jt kali dan medapat 1.4jt like. Juga beberapa video lainnya yang mendapat berjuta-juta views dan likes.

Berkat itu, bittersweet by Najla semakin dikenal masyarakat dan mengalami peningkatan penjualan sehingga bisnisnya kini semakin besar, Najla juga selalu membuat inovasi baru mulai dari varian, kejutan didalam box, hingga melakukan kolaborasi dengan brand lain. Bahkan saat ini Najla sedang membangun outlet Bittersweet by Najla di Bali. Najla sendiri juga telah mengakui kekuatan Tiktok untuk memperkenalkan produknya di kalangan masyarakat di seluruh Indoneisa.

VIDEO PILIHAN