Mohon tunggu...
Zahrotul Mutoharoh
Zahrotul Mutoharoh Mohon Tunggu... Semua orang adalah guruku

Guru pertamaku adalah ibu dan bapakku

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kali Ini tentang Utri

4 Juli 2020   11:05 Diperbarui: 4 Juli 2020   11:02 53 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kali Ini tentang Utri
Gambar Photo : Dokumen Pribadi

Tiba-tiba saya tertarik untuk menuliskan tentang makanan tradisonal ini. "Utri". Atau nama lainnya yaitu "lemet". Apa istimewanya kue ini? Bukankah hanya terbuat dari ketela pohon? Kenapa bisa tertarik?

Ya, dewasa ini berbagai macam kue tersedia di toko-toko kue. Juga dijajakan secara online. Diiklankan di story-story para emak-emak. Tetapi sampai saat ini saya belum menemukan iklan kue utri ini di media elektronik. Atau saya yang tidak tahu? Entahlah.

Kue masa kini tentu sangat mudah ditemukan. Mudah pula untuk membelinya. Tinggal whatsapp atau pesan lewat aplikasi gofood saja pesanan bisa sampai di rumah. Sementara untuk kue "utri" atau "lemet" ini harus membuat sendiri di rumah.

Tapi ada baiknya juga. Kan mengisi kegiatan di rumah selama pandemi ini. Toh bahan-bahannya sederhana banget. Cukup ada ketela pohon, kelapa, gula jawa, vanili dan garam. Kalau ingin ada warna bermacam-macam tinggal menambah pewarna makanan saja.

Proses pembuatannya-pun mudah. Ketela pohon dikupas, kemudian dicuci hingga benar-benar bersih. Kemudian ketela pohon itu diparut. Kelapa juga dikupas, kemudian diparut. Takaran sesuai selera. Dikira-kira tepatnya. Kemudian untuk gula jawa diiris tipis-tipis karena akan dicampur dengan parutan ketela pohon dan parutan kelapa.

Nah, parutan ketela pohon, kelapa dijadikan satu dalam baskom atau wadah lainnya. Kemudian masukkan gula jawa dan garam secukupnya. Beri sedikit vanili juga bisa. Aduk secara merata.

Siapkan daun pisang yang telah dibersihkan. Ukuran daun disesuaikan saja. Kemudian ambil adonan kue "utri" atau "lemet" itu secukupnya. Taruh di daun pisang tersebut. Bungkus dengan rapi.

Kemudian siapkan soblok berisi air untuk mengukusnya. Tunggu hingga air mendidih. Kemudian masukkan bungkusan-bungkusan "utri" atau "lemet" tersebut ke dalam soblok. Kukus kurang lebih 30 menit.

Angkat dan tiriskan "utri" atau "lemet" yang sudah matang. Dan hidangkan selagi masih hangat.

Nah, mudah sekali untuk mengisi kegiatan di masa pandemi ini. Salah satunya cukup dengan membuat menu kue sederhana ini saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN