Mohon tunggu...
Zahratul Insaniyah Hamdani
Zahratul Insaniyah Hamdani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN UPI 2021: Pentingnya Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Sejak Dini

26 September 2021   16:30 Diperbarui: 26 September 2021   17:10 66 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat ini dunia sedang disibukkan dengan munculnya virus corona (Covid-19) tidak terkecuali Indonesia yang ikut terkena wabah virus ini. Covid -19 berdampak ke berbagai aspek, salah satunya pendidikan. 

Pendidikan di Indonesia berubah sistem tidak lagi bertatapan muka secara langsung di dalam kelas melainkan melakukan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan saat ini pemerintah membuat kebijakan baru dengan cara menerapkan sistem pembelajran dari rumah masing-masing yaitu daring (pembelajaran dalam jaringan) melalui beberapa platform seperti aplikasi zoom, e-learning, google meet,e-student dan media lainnya. 

Kebijakan ini tentunya berdampak pada guru dan murid, juga orang tua para murid.

Pusat pendidikan pertama bagi anak adalah lingkungan keluarga, orang tua akan menjadi contoh bagi anaknya, oleh karena itu orang tua harus memberikan keteladanan dan kebiasaan yang baik di kesehariannya supaya berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak. 

Literasi merupakan kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Pada usia dini yang bisa dibilang usia golden age adalah saat yang baik bagi orang tua dan guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan kemamouan literasi anak. 

Literasi sejak dini memberikan alternatif guna membantu pembentukan keterampilan anak – anak belajar baca tulis, oleh karena itu pendidikan literasi yang diterapkan pada anak sejak dini berperan penting sebagai fondasi awal bagi mereka untuk bisa berpikir kritis dan logis saat dihadapkan di berbagai situasi.

Disituasi seperti ini yang mengharuskan para anak bersekolah/belajar dirumah tentunya para orang tua harus bisa mengeluarkan effort lebih dalam hal membimbing anak. 

Orang tua juga memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi bagi anak, karena stimulasi yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan akan mendukung keampuan keaksaraan anak.

Hal yang dapat dilakukan oleh keluarga terutama para orang tua untuk meningkatkan dan menumbuhkan budaya literasi antara lain yaitu :

  • Pilih dan beli buku yang sesuai dengan minat anak

Pilihlah buku sesuai dengan kesukaan anak, misal anak suka sesuatu yang berhubungan dengan hewan, belilah buku dongeng bergambar yang menampilkan hewan hewan didalam nya, hal ini akan menarik minat anak untuk membaca buku. Dan sisihkan lah uang bulanan untuk membeli buku supaya koleksi buku dirumah bertambah.

  • Beri teladan dan lakukan pendampingan

Berilah teladan yang baik baik anak, tunjukkan lah jangan hanya memberi perintah kepada anak untuk membaca. Dan luangkanlah waktu untuk membaca bersama anak.

  • Asah kemampuan menulis (menulis diary)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan