Mohon tunggu...
Ceramah Gus Baha
Ceramah Gus Baha Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Bismillah. Alhamdulillah. Kemanapun aku terjatuh aku terjatuh pada rahmatMu yaa Allah, Kemanapun aku meraih aku meraih pada rahmatMu yaa Allah

Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad wa a'la aali sayyidina Muhammad

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gus Baha: Hikmah Allah Membuatmu Senang dan Sedih

16 September 2022   13:08 Diperbarui: 2 Oktober 2022   12:11 475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bismillahirrahmanirrahim

Channel Youtube Ngaji Melu kyai, 17 Jan 2021
Hikmah Allah Membuatmu senang dan membuatmu sedih

Terkadang kesenangan yang tak kau dapatkan seperti terangnya matahari dalam keadaan siang, kamu semua tidak mengetahui mana yang lebih baik bagimu. Dalam hikam Kadang kamu ditakdir ibadah dekat dengan Allah saat kamu jauh dari Rahmat Allah. Karena itu menjadikanmu sopan karena jauh dari Rahmat Allah. istilah orang tasawuf qobdh atau jauh dari Rahmat Allah sedangkan basth dekat dari Rahmat Allah. Misalkan orang sedesa mengolok olok kamu, Orang orang ini hidupnya tidak jelas, lalu orang satu kampung tidak menyapamu terkadang bisa membuat hidupmu enak karena bisa membuatmu lebih dekat dengan Allah.

Dalam kitab Hikam saat ada orang yang tidak suka kepadamu maka Allah berkehendak engkau tidak nyaman dengan mahluk sehingga engkau ingat kepada Allah

Maka jika ada orang yang tidak suka dengan kita kita harus bersyukur, Alhamdulillah kita dipaksa untuk mengingat Allah. Jadi dibuat senang

Sedangkan jika sedang senang berarti Rahmat Allah sedang disebar kepada seluruh mahluknya. Makanya itu dilatih. Misalkan saya punya keinginan lalu anak saya, istri saya atau orang lain tidak sesuai dengan keinginan saya maka saya tetap merasa senang. Senangnya saya karena dengan begitu berarti saya tidak bisa mengendalikan dunia ini. Karena yang mengendalikan semuanya hanyalah Allah. Jadi semua yang ditakdir oleh Allah dijadikan alat untuk taqarub. seperti misalkan kamu ingin sehat, ditakdir sakit tidak sembuh sembuh berarti baik, karena saya bukan Tuhan. Itulah mengapa ketidaksampaian tersebut membuat kita menjadi merasa sebagai hamba

Tetapi ketika sembuh lalu kita bersyukur berarti itu termasuk taqarrub menjadikan alat pendekatanmunkepada Allah. akan ada sa tidak perlu kamu permasalahkan. Itu yang disebut ketika sedih justru menjadikanmu taqarrub, ketika senang juga menjadikanmu taqarrub

Misalkan memiliki permasalahan hidup terlilit hutang, doa doa yang belum juga terijabah. Sumber berbagai Nur atau cahaya itu ada di dalam hati dan rahasia rahasianya. Sumbernya nur cahaya Ilahi (nur ilmu bagaikan bintang, nur marifat bagaikan bulan dan nur tauhid bagaikan matahari. Dan itu ada di dalam hati manusia dan rahasia rahasianya (asror)

Nur (cahaya keyakinan) yang tersimpan dalam hati hamba itu selalu bertambah karena datang dari gudang (perbendaharaan) alam gaib.

Jadi ketika ibadah kamu memiliki Nur mesti Nur itu berasal dari gudang (perbendaharaan) alam ghaib. Alam ghaib di sini bukan berarti setan atau jin. Tapi alam yang tidak kasat mata seperti alam langit, surga neraka

Orang jika beribadah dengan Nur maka akan nyaman. Dan Nur itu berasal dari alam langit. Seperti yang Gus Baha rasakan sebagai manusia yang takut meninggal siul khotimah. Padahal segala ibadah sudah ditekuni dengan sebaik baiknya tapi meskipun begitu juga tetap.masuk neraka. Misalkan saya sudah sholat, alim tapi ternyata masih masuk neraka kan rugi. Pasti cahaya itu datang. Aku menjadi ahli neraka itu belum pasti tapi kalau saya mengatakan kalimat thoyibah Allahu Akbar itu adalah sesuatu yang pasti

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun