Mohon tunggu...
zahra pba
zahra pba Mohon Tunggu... Semarang

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

"SIKADU" Inovasi Jajanan Sehat Berbahan Ikan Kakap Karya Mahasiswa Jurusan BK Unnes

4 Desember 2019   11:33 Diperbarui: 4 Desember 2019   11:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
"SIKADU" Inovasi Jajanan Sehat Berbahan Ikan Kakap Karya Mahasiswa Jurusan BK Unnes
Dok. pribadi

Semarang- Di berbagai kampus sering kita temui pedagang-pedagang jajanan yang bersiapuntuk memenuhi ke-BM an mahasiswa, tidak terkecuali kampus Unnes di Semarang.Dengan berbagai macam jenis jajanan mulai dari gerobakan hingga warung-warungkecil meramaikan pinggiran jalan di sekitar kampus. Namun, dari berbagai macamjenis jajanan tersebut tidak banyak ditemui jajanan sehat terutama yangberbahan dasar ikan. Hal tersebut sangat disayangkan karena sebagai mahasiswayang mayoritasnya jauh dari keluarga, mahasiswa harus bisa menjagakesehatannya. Tidak jarang terjadi kasus sakitnya mahasiswa karena jajansembarangan.

Daribeberapa kondisi tersebut, sekelompok mahasiswa BK yang beranggotakan WidyaAdnin Wijayanti (Anin), Bella Rosalia Wangi (Bella), Intan Marviana (Intan),Zahra Permata Budi Asti (Zahra), dan Zahra Auliya Maharani Suganda (Aul)menciptakan suatu inovasi di bidang kuliner yang bernama "SIKADU"(Sempolan Ikan dijamin Ueenaak!). Kelima mahasiswa tersebut mencetuskan idekreatifnya dengan mengubah sempolan yang mayoritas berbahan dasar ayam menjadi ikankakap, yang pastinya memiliki banyakm kandungan yang baik untuk kesehatan. Selainberbahan dasar ikan kakap, bahan dasarnya juga diperlengkap dengan tambahansayur wortel dan daun bawang yang kaya manfaat pula. Dibalik kelezatannya, ikankakap memiliki banyak kandungan di dalamnya dan memberi manfaat, diantaranya :

  • Mengandung kalsium dan fosfor yang mana biasa digunakansebagai pengobatan alternatif untuk pemulihan tulang
  • Mengandung taurin dan selenium yang sangat bermanfaat sebagaiantioksidan. Tidak hanya sebagai antioksidan, namun juga untuk kecerdasan.
  • Mengandung vitamin A, yang memiliki manfaat dalam menjagakesehatan pada mata.
  • Memiliki kandungan omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung

Kelompok mahasiswa ini memulai usahanya sedari bulan Oktoberlalu. Sedari awal mereka  memasarkanproduk SIKADU-nya melalui online seperti whatsapp dan instagram. Kedatanganproduk ini disambut baik oleh mahasiswa disekitar Unnes. Alasannya banyak mulaidari karena rasanya enak, bentuknya lucu, dan harganya terjangkau.

Satu porsiSIKADU dikenakan harga sebesar Rp 5.000. Bentuk dari SIKADU sendiri bermacam,mulai dari bentuk bintang, bunga, hati, dll. Bahkan hasil produksinya sudahmuncul di acara Expo yang diselenggarakan oleh jurusan Bimbingan dan Konseling Unnes.Mereka bisa menjual lebih dari 50 porsi pada Expo tersebut.

Dari produk SIKADUyang diciptakan kelompok mahasiswa ini membuktikan bahwa jajanan sehat dan enaktidak selalu mahal. Harapan yang diinginkan dari kelompok mahasiswa ini adalahsuatu saat nanti muncul banyak jajanan sehat atau produk-produk bermanfaat yangbisa diciptakan oleh mahasiswa yang tentunya bisa menjamuri wilayah kampusbukan hanya di kampus Unnes tapi juga di kampus-kampus lainnya. Merekamenyampaikan bahwa wirausaha bukan hanya soal mengambil keuntungan, namun jugamemberikan suatu manfaat mulia bagi sekitarnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x