Mohon tunggu...
Zahra Millaty
Zahra Millaty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Agroekoteknologi, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro

A learner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Galakkan Mandiri Pangan, Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Manfaatkan Lahan Kosong Menjadi Lumbung Pangan Segar

6 Agustus 2021   06:46 Diperbarui: 6 Agustus 2021   08:27 42 0 0 Mohon Tunggu...

Kelurahan Bulusan, Semarang (06/08) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro telah dilaksanakan sejak 30 Juni lalu hingga 12 Agustus 2021 yang akan datang. KKN tahun ini mengusung tema “Sinergitas Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan (SDG’s) melalui Kuliah Kerja Nyata” yang dilaksanakan secara mandiri di kampung halaman masing-masing.

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satunya adalah pada aspek ekonomi yang menyebabkan penurunan tingkat ketahanan pangan keluarga. Oleh karena itu, Zahra Millaty, Mahasiswi Agroekoteknologi yang tergabung pada kelompok KKN TIM II Universitas Diponegoro periode 2021, melaksanakan program kerja pembuatan pojok hortikultura yang bertujuan sebagai contoh upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan secara mandiri. Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, dimana terdapat beberapa lahan yang belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar.

Zahra bersama 2 orang mahasiswi Universitas Diponegoro lainnya, April (21) dan Rini (20), menciptakan pojok hortikultura dengan menanam berbagai jenis sayuran seperti bayam merah, bayam hijau, kangkung, sawi hijau, sawi putih, tomat, dan cabai pada polybag serta menggunakan sistem vertikultur dengan memanfaatkan limbah botol bekas. Program kerja Pojok Hortikultura diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk menciptakan lumbung pangannya sendiri dengan memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia.

Program Pojok Hortikultura mendapat respon positif dari Lurah Kelurahan Bulusan, bahkan dalam keberjalanan program kerja ini tidak jarang beberapa warga turut membantu dan bertanya-tanya mengenai proses budidaya tanaman hortikultura. Selain dilakukan penanaman, Zahra juga membuat modul budidaya tanaman hortikultura skala rumah tangga yang berisi petunjuk budidaya dari persiapan penanaman hingga proses penanaman tanaman hortikultura. Modul tersebut akan dibagikan kepada masyarakat melalui perantara Ketua RW 02 Kelurahan Bulusan, Bapak Ganjar, dengan tujuan agar masyarakat dapat memahami proses budidaya tanaman hotikultura skala rumah tangga dengan baik dan benar, sehingga dapat menciptakan bahan pangannya secara mandiri.

Dokpri
Dokpri

Modul budidaya dapat diakses melalui link berikut: https://bit.ly/ModulBudidayaHortikultura

Penulis : Zahra Millaty, Agroekoteknologi, FPP.

Dosen Pembimbing : Dra. Puji Astuti, M.Si.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x