Mohon tunggu...
Zahrah Salsabela
Zahrah Salsabela Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah Zahrah Salsabela, mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret. Menulis merupakan kegiatan yang ingin saya lakukan. Membuat sebuah karya tulis yang baik tentunya membutuhkan proses. Melalui menulis hal-hal sederhana saya ingin belajar untuk menciptakan sebuah karya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Mental Health, Mahasiswa Wajib Tahu

18 Oktober 2022   06:11 Diperbarui: 18 Oktober 2022   06:14 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjaga kesehatan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh semua orang, tidak hanya kesehatan fisik saja melainkan juga kesehatan mental. Orang yang sering mengalami tekanan pada dirinya harus tahu mengenai kesehatan mental, salah satunya adalah mahasiswa

Dalam kurun waktu dekat ini terdapat kasus mahasiswa yang bunuh diri yang disebabkan gangguan kesehatan mental. Untuk menghindari hal serupa terjadi, penting bagi mahasiswa untuk mengenal lebih lanjut mengenai mental health.

Apa sih sebenarnya mental health itu? Mengapa penting bagi mahasiswa?

Mental health atau kesehatan mental merupakan suatu kondisi di mana batin seseorang merasa tenang dan tentram sehingga memungkinkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Mental health mencakup aspek emosional, psikologis, dan sosial. 

Ketika seseorang sejahtera dalam tiga aspek tersebut maka dapat dikatakan bahwa orang itu memiliki mental yang sehat. Namun, jika kesehatan mental terganggu maka berarti seseorang mengalami gangguan kesehatan mental.

Depresi dan stres merupakan gangguan kesehatan yang paling sering ditemukan di kalangan mahasiswa. Hal itu mungkin terjadi karena adanya tuntutan terhadap diri mahasiswa sendiri agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Padahal masa ketika menjadi mahasiswa merupakan masa yang sudah seharusnya digunakan untuk melakukan kegiatan dalam upaya menata masa depan. Jika mahasiswa mengalami depresi maupun stres lalu bagaimana dapat meraih tujuan mereka di masa depan.

Memiliki mental health yang baik mampu membantu mahasiswa untuk berinteraksi dengan baik, meningkatkan konsentrasi, menyikapi, dan menyelesaikan masalah dengan baik. Selain itu, dengan memiliki mental health yang baik juga bisa membantu seseorang untuk terus berkembang.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk menjaga mental health sebagai berikut.
1. Melakukan olahraga secara teratur
2. Melakukan hobi yang dimiliki
3. Mengungkapkan perasaan
4. Menerima diri sendiri
5. Memberikan self reward kepada diri sendiri
6. Menjaga pola makan serta istirahat yang cukup

Dengan demikian, kesehatan mental dapat dijaga dengan melakukan kegiatan yang positif. Kesehatan mental tidak boleh disepelekan. Mahasiswa sungguh harus mengenal serta memahaminya. Ketika sedang merasa gelisah ungkapkan pada keluarga atau teman dekat atau lakukan hal-hal yang membuat diri senang. 

Apabila mendapat opini negatif dari luar jangan jadikan hal itu sebagai pikiran yang menimbulkan keterpurukan. Namun, jadikan opini itu sebagai motivasi untuk terus berkembang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun