Mohon tunggu...
Zahra Adila Herfiana
Zahra Adila Herfiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Aksi Nyata Mahasiswa sebagai Agent of Change di Bidang Pendidikan

25 Juli 2021   12:09 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:33 77 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Aksi Nyata Mahasiswa sebagai Agent of Change di Bidang Pendidikan
Dokumen Pribadi

SUMEDANG - Kerja Kuliah Nyata (UPI) Tematik UPI merupakan sarana belajar yang tepat bagi mahasiswa, karena kegiatan ini bertujuan untuk: (1) melatih mahasiswa dalam memecahkan masalah pembangunan di masyarakat, (2) melatih mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program di masyarakat, dan (3) menggali berbagai kondisi masyarakat sebagai feedback (umpan balik) bagi Universitas dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. 

Pada masa pandemi Covid-19 KKN Tematik UPI difokuskan pada pemulihan dampak Covid-19 dengan Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan, dengan harapan mahasiswa dapat berkontribusi secara nyata untuk mengatasi masalah di bidang pendidikan sekaligus memberikan edukasi mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan dampak yang disebabkan oleh Covid-19. 

Adanya pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan KKN menggunakan model yang berbeda dari biasanya yaitu secara individu dan dilaksanakan di desa sesuai tempat tinggal masing-masing mahasiswa yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19.  

Kegiatan KKN ini dilakukan oleh masyarakat melalui koordinasi dengan berbagai pihak dan dilakukan secara daring untuk menghindari risiko paparan virus corona. Sasaran KKN pada bidang pendidikan ini adalah 2 guru, 10 siswa, dan 10 orang tua pada tingkat pendidikan TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK di lingkungan tempat tinggal mahasiswa.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama 30 hari dimulai dari tanggal 1 Juli hingga 30 Juli dengan durasi 120 jam, dengan beberapa tahapan (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap monitoring dan evaluasi; (4) tahap seminar hasil KKN Tematik; (5) tahap penarikan mahasiswa; (5) tahap pelaporan; dan (6) tahap tindak lanjut.

Pada kesempatan kali ini penulis sebagai salah satu peserta KKN Tematik UPI 2021 memilih SDN Darangdan yang berlokasi di Kotakulon, Kec. Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Program kerja yang dilaksanakan yaitu penguatan pembelajaran daring melalui media pembelajaran seperti poster dan power point untuk siswa kelas 4 dan 6. Tidak bisa dipungkiri walaupun pandemi ini telah berjalan selama 1 tahun lebih yang membuat pembelajaran harus dilakukan secara daring, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak guru dan juga siswa yang belum terbiasa menerapkan pembelajaran daring. 

Baik siswa maupun guru mereka tetap menginginkan pembelajaran secara luring karena merasa lebih dekat dan juga lebih mudah memahami materi ketika siswa dan guru itu bertatap muka secara langsung sehingga tak jarang juga pembelajaran ini dilakukan dengan visit home, yang mana para guru mendatangi rumah siswa satu per satu dan tentunya dilakukan dengan protokol kesehatan yang lengkap. 

Untuk itu, dalam pelaksanaan program kerja penulis membantu membuatkan media-media pembelajaran daring dengan harapan para siswa dan guru merasa tetap dekat walaupun mereka berjauhan dan juga tetap bisa memahami materi dengan desain-desain yang menarik. 

Penulis: Zahra Adila Herfiana

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN