Mohon tunggu...
Zahra Nailah Putria
Zahra Nailah Putria Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Kamu tidak pernah gagal sampai kamu berhenti mencoba

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Globalisasi terhadap Bahasa Indonesia

23 Januari 2022   20:33 Diperbarui: 23 Januari 2022   20:51 88 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kata globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu globalization yang merupakan gabungan dari global yang mempunyai arti menyeluruh dan lization yang memiliki arti proses. 

Masyarakat Indonesia, seharusnya bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi. Dengan bahasa Indonesia, mereka dapat menyampaikan perasaan dan pikirannya dengan baik dan lengkap kepada orang lain. Namun, kenyataannya tidak demikian. 

Belum adanya rasa bangga yang dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Proses globalisasi tidak berdampak seragam secara spesifik karena setiap Negara atau daerah lokal tertentu memiliki karakteristik tersendiri.

Dampak positif yaitu bangsa indonesia dapat memahami dan mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat bersaing dengan negara lain. Sedangkan dampak negatif nya masyarakat indonesia tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar atau bisa dibilang bahasa populer sehingga membangga-banggakan menggunakan bahasa negeri lain.

Bayangkan banyak orang tua yang meminta anak mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris sejak kecil. Orang tua mungkin berpikir mereka harus membiasakan anak mereka berkomunikasi dalam bahasa inggris supaya anak menjadi mahir dalam berbahasa inggris. 

Tetapi apakah pemikiran orang tua seperti ini benar? Menurut saya, pemikiran orang tua sudah benar karena mereka pasti mau anak mereka mahir dalam berbahasa inggris dan menggunakan nya sebagai pemahaman dan pengetahuan nya, Tetapi mereka juga harus dibekali dengan pengenalan dan pengetahuan bahasa indonesia. 

Karena bahasa indonesia adalah sarana komunikasi kita sebagai warga negara indonesia supaya kita tidak melupakan kecintaan kita terhadap bahasa indonesia.

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa walaupun bahasa inggris adalah  bahasa internasional yang kita harus pelajari juga, Tetapi sebagai warga negara indonesia kita jangan lupa bahwa kecintaan kita terhadap indonesia dengan memahami dan mengetahui bahwa sarana komunikasi kita yaitu bahasa indonesia dan kita harus memperhatikan pemahaman kita dalam berkomunikasi,pengucapan, dan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan