Mohon tunggu...
Moh Zahirul Alim
Moh Zahirul Alim Mohon Tunggu... Lainnya - Pemilik blog www.paradigmabintang.com

Pemilik blog www.paradigmabintang.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Membedah Teladan Pancasila Ir. Soekarno

1 September 2021   18:47 Diperbarui: 1 September 2021   18:51 145 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Membedah Teladan Pancasila Ir. Soekarno
Sumber: elsamara.id

Prolog

Di antara sekian banyak putra-putri terbaik bangsa Indonesia, sosok Ir. Soekarno yang dikenal sebagai Putra Sang Fajar adalah salah satu tokoh besar yang mewariskan segudang inspirasi dan teladan positif. 

Presiden pertama RI tersebut tidak saja menjadi seorang pemimpin negara, namun juga sebagai ikon pemersatu, bapak pendiri bangsa yang jasa-jasanya tidak akan pernah lekang oleh waktu, warisan idealismenya tidak akan pernah lenyap ditelan zaman. 

Pengabdian Ir. Soekarno untuk bangsa abadi hingga kini republik Indonesia mencapai usia ke-76. Siapa pun mengakui, bahwa terlalu besar peran dan kontribusi Bung Karno sehingga tidak bisa dilupakan begitu saja.

Setidaknya bangsa Indonesia harus bangga dan berterima kasih banyak kepada beliau. Berkat pengabdian tulusnya entitas besar bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) lahir dan ada sampai kini. 

Uniknya, kiprah Bung Karno sapaan akrab beliau tidak saja diakui di dalam negeri, dunia internasional dan negara-negara lain juga mengakui dampak besar peran hebat beliau.

Banyak negara yang merasa berhutang budi atas jasa besar beliau dalam beberapa hal sehingga nama Ir. Soekano harum serta ada di mana-mana. 

Tulisan ini akan mencoba mengeksplor teladan-teladan terbaik warisan Ir. Soekarno yang masih relevan untuk dipraktikkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang kini memasuki era digital 4.0. 

Harapannya, setiap individu masyarakat dapat becermin kepada figur Bung Karno yang penulis anggap sebagai tokoh yang tepat untuk dijadikan role model bagaimana beliau merealisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak-anak bangsa tidak salah jalan dalam menghadapi kehidupan yang penuh tantangan ini serta selalu menempatkan kepentingan bangsa di atas segalanya.

Sosok Relijius

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan