Mohon tunggu...
Rahasia Sosmed
Rahasia Sosmed Mohon Tunggu... Mengulik dunia sosial media sedalam dalamnya

yuk belajar lebih banyak tentang sosial media di rahasia sosmed!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Bahaya Sosial Media yang Wajib Kamu Waspadai, Berikut 5 Bahayanya!

28 Januari 2021   16:17 Diperbarui: 28 Januari 2021   16:24 53 1 0 Mohon Tunggu...

Tak hanya digunakan untuk menjadi media berekspresi, sosial media pun telah menjadi alat komunikasi yang paling penting buat kamu. Banyak dari informasi pribadi, bahkan sampai membuat janji dengan teman kamu dapat kamu lakukan dengan sangat mudah di media sosial.Bahkan banyak juga bahaya sosial media yang mengintai kamu. 

Tidak menjadi rahasia lagi jika dengan adanya media sosial banyak dari kamu yang mulai lupa dengan sosialisasi secara langsung. Hal tersebut menggambarkan jika banyaknya bahaya sosial media yang mengintai kamu. Dari mulai bahaya sosial, sampai ke bahaya personal bahkan hingga bahaya untuk finansial kamu, semua itu dapat terjadi pada kamu yang disebabkan oleh media sosial apabila kamu tidak dengan bijak dalam memakainya.

Sosial media dapat menjadi representative pepatah yang mengatakan  pisau bermata dua buat kamu, karena pada dasarnya sosial media tak hanya memberikanmu kemudahan, namun sosial media juga memiliki dampak bahaya yang tidak kamu sadari. Coba simak bahaya sosial media berikut yang wajib kamu waspadai. 

1. Bahaya Sosial media dengan Hilangnya Kontrol Diri

Sebagian dari kamu mungkin menggunakan media sosial untuk dijadikan sarana dalam mengekspresikan dirimu. Dan hal tersebut bukanlah sesuatu yang menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah saat kamu menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berekspresi tanpa adanya batasan hingga melupakan beberapa aturan. Hal itu terjadi karena kamu berpikir di media sosial semuanya semua orang bebas berekspresi, padahal nyatanya tidak.

Banyak sekali kejadian yang menyebabkan kehilangan sesuatu yang disebabkan oleh media sosial, mungkin kamu sering mendengar orang yang dipecat dari pekerjaannya karena unggahannya di sosial media, atau bahkan dipenjarakan karena unggahannya sendiri. karena pada dasarnya penggunaan media sosial yang tidak bijak selalu akan mengakibatkan penggunanya kehilangan kendali diri sehingga akan merugikan di lingkungan sosial.

2. Kehilangan Jati Diri

Dengan jadinya media sosial, banyak ruang yang dapat kamu manfaatkan untuk mengekspresikan dirinya. Dengan ekspresi diri yang unik tak jarang banyak yang menyukaimu dan membuat kamu menjadi disukai banyak pengguna.  Hal ini menjadi bukti bahwa media sosial bisa memberikan jati diri baru bagi seseorang.

Tapi buat kamu yang kurang bijak dalam menggunakan media sosial dan mulai kehilangan kontrol di media sosial, perlahan kamu justru akan mulai kehilangan jati diri sesungguhnya. Lama kelamaan kamu yang memiliki banyak penggemar di media sosial akan mendapatkan tekanan dari netizen yang terus menyorot kehidupan kamu. 

3. Bahaya Media Sosial Buat Privasi Kamu

Entah kamu sadari atau tidak, salah satu bahaya yang paling menonjol di media sosial adalah hilangnya privasi bagi para penggunanya. Dengan kemudahannya untuk berbagi, kamu sebagai pengguna media sosial pasti sering membagikan cerita tentang apa yang dialami, foto, atau bahkan lokasi. Sadar gak sih kalo semua itu berbahaya bagi kehidupanmu di dunia nyata?

Dengan memanfaatkan semua informasi yang kamu bagikan di media sosial, orang yang tidak bertanggung jawab akan dengan mudah berbuat jahat padamu di dunia nyata. Bahkan jika kamu tidak telaten, ada hacker yang mengincar semua data yang ada di media sosialmu. 

4. Kehilangan Uang

Foto sana foto sini, terus bagikan ke Instagram. Rekam ini rekam itu, tak lupa bagikan juga ke sosial media. Tapi sadar gak sih kalau hal itu akan membuat kuota kamu cepat habis? Karena kuota dibeli dengan uang, maka jelas bahwa media sosial ini secara tidak langsung membuat kamu kehilangan uang.

Media sosial yang banyak dijadikan media promosi juga bisa jadi penyebab kamu kehilangan uang secara langsung. Misalnya tergoda barang promosi di media sosial, saat dibeli malah berakhir dengan penipuan. Sebaiknya kamu tetap dapat mengatur keuangan kamu dengan bijak dan tidak tergiur dengan promo promo yang tidak kamu butuhkan untuk keperluan kamu. 

5. Kehilangan Teman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x