Humaniora

Taman Kampus sebagai Solusi Kedekatan Alam

3 Juli 2018   18:13 Diperbarui: 4 Juli 2018   08:18 259 0 0
Taman Kampus sebagai Solusi Kedekatan Alam
Taman Kampus Sebagai Sarana Kedekatan Terhadap Alam Sejuk: Taman yang tersebar di berbagai area kampus menjadi tempat yang nyaman untuk belajar, diskusi, maupun sekedar bersantai. Suatu kawasan ini diperuntukkan untuk civitas akademika,kawasan yang memproduksi sumber daya alam manusia yang memiliki kompetensi yang handal-handal. Suasana kampus hijau UNISNU yang bersih dan nyaman menjadi daya tarik mahasiswa yang baru masuk untuk menikmatinya. Suasana nyaman ini penting karena dapat membuat pikiran mahasiswa lebih segar, semangat belajar lebih tinggi, dan lebih mudah terinspirasi. Taman kampus sebagai solusi kedekatan yang harmonis terhadap alam. Lingkungan alami yang di anggap

Sejuk: Taman yang berada di area kampus menjadi tempat yang nyaman untuk belajar, diskusi, maupun sekedar bersantai. Suatu kawasan ini diperuntukkan untuk civitas akademika,kawasan yang memproduksi sumber daya alam manusia yang memiliki kompetensi yang handal-handal.
Suasana kampus hijau UNISNU yang bersih dan nyaman menjadi daya tarik mahasiswa yang baru masuk untuk menikmatinya.

Suasana nyaman ini penting karena dapat membuat pikiran mahasiswa lebih segar, semangat belajar lebih tinggi, dan lebih mudah terinspirasi.

Taman kampus sebagai solusi kedekatan yang harmonis terhadap alam. Lingkungan alami yang di anggap "menyehatkan", kebutuhan yang bersifat ekologis ini telah menjadi salah satu kebutuhan yg umum terhadap mahasiswa.

Keberadaan taman itu direspon positif banyak kalangan, termasuk mahasiswa baru, salah satunya mahasiswi asal Brebes Ahmad Syukron. ia mengaku senang melihat lingkungan kampus yang menurutnya akan sangat mendukung studinya. "Di sini lingkungannya sejuk dan rimbun, jadi banyak pilihan untuk belajar selain di dalam kelas.

Lingkungan yang hijau dan bersih serta tertata dengan rapi, pasti memberikan nuansa sejuk tersendiri, memungkinkan banyak orang untuk mengunjunginya dan bukan mahasiswa kampus saja, tapi orang luar juga pasti tertarik untuk mengunjunginya. Pihak dari kampus seharusnya bisa mengadakan pengembangan taman dak penambahan kegiatan seperti Even Green Campus sebagai salah satu kegiatan di OSMARU tahun ini, dan untuk bisa menyukseskan Even Green Campus, para mahasiswa baru harus diminta untuk membawa tanaman. 

Kemudian tanaman yang dibawa oleh mahasiswa-mahasiswa tersebut ditanam diberbagai tempat yang sekiranya cocok untuk ditanami, bukan hanya ditanam ditanah lapang saja, tapi tanaman tersebut juga perlu di tanam di pot-pot untuk ditaruh ditempat-tempat yang tidak bertanah seperti didepan kantor TU, didepan kantor dosen, bahkan didepan kelas-kelas mahasiswa sebagai tanaman hias.

Haikal feriz memaparkan, "saya sebagai calon mahasiswa baru , saya sangat antusias sekali tentang hal diadakannya Even Green Campus tersebut dan pasti banyak juga yang setuju, selain itu pasti kampus kita jadi semakin sejuk dan indah, ujarnya.

Nah, jika ingin berkunjung ke taman kampus UNISNU  JEPARA ini, letaknya sangat strategis. Ada di tengah-tengah antara gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, rektorat, Masjid kampus dan ruang kuliah bersama.

( Zaenul Afifi )