Mohon tunggu...
Zaeni Boli
Zaeni Boli Mohon Tunggu... Seniman

Insya Allah Penyair

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peletak Dasar Literasi di SMK Sura Dewa

22 Juli 2019   01:35 Diperbarui: 25 Juli 2019   03:20 0 1 0 Mohon Tunggu...
Peletak Dasar Literasi di SMK Sura Dewa
dokpri

Keluarga Gerson Poyk Di SMK SURA DEWA 

Sesuatu yang baik harus dijaga dirawat agar sesuatu itu tumbuh , ditengah gencar gencar semangat membangun literasi tumbuh di Flores Timur di mulai entah oleh siapa? Tapi paling tidak itu semua ( gerakan literasi) di jaga baik oleh kawan kawan penggerak nya sebut saja ada Agupena Flores Timur ,Simpasio ,Taman baca WAIBALUN , IGI Flores Timur dll.

Sebenarnya kami di SMK SURA DEWA dengan ada nya hal positif itupun terkena dampak nya , beberapa kali Agupena Flores Timur menggunakan sekolah kami sebagai titik kegiatan literasi mengombori agar tumbuh iklim literasi di SMK SURA DEWA , namun mimpi dan cita cita tak semudah membalikkan telapak tangan ,harus ada upaya yang sungguh-sungguh dilakukan oleh semua pihak mulai dari kepala sekolah ,guru guru terkait juga siswa karena dalam sekolah itu semua kait mengkait .Sudah ada upaya upaya yang di lakukan namun seperti hal di banyak tempat semangat itu ada tapi untuk tumbuhnya sulit .

Upaya yang mungkin awal awal dilakukan SMK SURA DEWA adalah adanya workshop penulisan cerpen dan pembuatan Mading sekolah kalo tidak salah sekitar tahun 2014 dengan pemateri hebat skala nasional Bunda Fanny Jonathan Poyk.

Disini mengapa kita membutuhkan sejarah bahwa apa yang telah di lakukan oleh SMK SURA DEWA bukan kaleng kaleng kalo dalam bahasa anak-anak muda sekarang.Namun sayang hal baik itu tak dapat dirawat dengan baik .Itu menjadi PR kita bersama untuk meningkatkan kinerja .

Lalu apa hubungannya dengan keluarga Gerson Poyk ? menurut saya sebagai penulis ,saya mencoba mengambil kesimpulan yang mungkin di kemudian hari boleh di bantah dengan bukti bukti yang ada .

Opa Gerson Poyk lewat anaknya Bunda Fanny Jonathan Poyk telah memberikan ilmunya pada kami beberapa tahun kebelakang dengan memberikan workshop penulisan cerpen dan pembuatan Mading sekolah .hal positif ini yang beliau telah berikan untuk kami di SMK SURA DEWA.

Saat itu saya belum bergabung dengan SMK SURA DEWA ,lalu saat awal awal saya bergabung dengan SMK SURA DEWA yang saya lakukan adalah mengaktifkan eskul Seni yang mana secara tidak langsung itu terintegritas dengan disiplin lain yaitu literasi maka di awal-awal saya mencoba membuat sebuah acara kecil yaitu Ngopi Puisi 1 mengangkat atau mewacanakan bagaimana kami mencoba menggali dan mencari tau siapa sosok Seniman besar NTT Opa Gerson Poyk ,maka saya mencoba untuk menghubungi Bunda Fanny Jonathan Poyk lalu kemudian direspon baik oleh bunda sebagai putri dari Opa Gerson Poyk .Maka berkenalan kami dengan Opa Gerson Poyk lewat literatur yang ada di Internet .

Itulah sejarah singkat kami dengan keluarga Gerson Poyk .

Mewakili SMK SURA DEWA saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Opa Gerson Poyk yang telah banyak menginspirasi kami.Semoga dengan mengetahui sejarah ini kami makin bersemangat untuk terus bergerak dan berkarya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x