Zainal Abidin
Zainal Abidin pegawai negeri

sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.” (al hadits)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Terkabulnya doa “The Law of attraction”

24 Januari 2014   10:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:31 7987 0 0

Hukum alam (The Universal Laws) atau Sunnatullah adalah sebuah hukum yang telah ditetapkan oleh pencipta tentang bagaimana alam ini berjalan. Hukum alam menyangkut fisik dan non fisik. Hukum fisik lebih mudah diobservasi untuk menemukan kebenarannya, contoh; Hukum Fisika, kimia dsb telah banyak dirumuskan dan difahami oleh manusia, Sedangkan hukum non fisik, Psichology dsb yang banyak menyangkut aspek spiritual dan emosi juga menganut hukum tertentu sebagaimana hukum2 fisika dan kehidupan manusia di dalamnya. Tetapi hukum ini belum banyak dirumuskan manusia secara ilmiah

Salah satu hukum alam non fisik yang populer saat ini adalah “The Law of attraction”

(Hukum tarik menarik), yang dipopulerkan kembali oleh Rhonda Byrne melalui film dan buku best seller ”the secret”. Studi dari The Law of Attraction telah menyebabkan ribuan orang mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. law of attraction mengupas banyak hal tentang keterikatan manusia dengan semesta yang saling terkoneksi. singkatnya Bahwa apa yang kau pikirkan dengan fokus, apa yang kau minta dengan tulus, harapan2 yang kau panjatkan pada “kekuatan alam semesta” itulah yang akan kau tarik masuk dalam hidupmu.

Contoh :

- jika Thomas Alfa Edison tidak pernah memikirkan sebuah bola kecil yang bisa mengeluarkan cahaya, mungkin kita tidak akan pernah merasakan terangnya lampu

-bila kita berfikir sakit meski badan kita sehat sehat saja maka kitapun benar2 lemah dan rapuh

- secara kebetulan bertemu dengan seseorang yang terlintas dalam ingatan beberapa hari lalu atau secara kebetulan mengalami hal2 yang pernah terlintas dalam fikiran,

- serta tak terhingga jumlahnya orang2 yang rajin tirakat, puasa senin kamis, shalat tahajud dll akhirnya benar-benar tercapai apa yang dinginkan. Coba anda survay disekililing anda

Elizabet Towne mengatakan: “Manusia adalah magnet, dan setiap detail peristiwa yang dialaminya datang atas daya tarik-menarik (undangan) nya sendiri.

Didalam dunia islam (sufi) hal ini bukanlah sesuatu yang asing. Bahwa Manusia adalah “alam shagir” (alam kecil)yang selalu berkoneksi dengan “alam kabir” atau semesta. so bila kita berfikir positif Terhadap Allah sebagai Pencipta dan inti dari daya/energi yang menggerakkan semesta, maka Dia pun akan bereaksi positif sesuai apa yang kita sangkakan sebagaimana hadits : Aku bersama sangkaan hambaku padaku (HR Bukhori).



Aku bersama sangkaan hambaku padaku, jika sangkaannya baik maka baiklah baginya, dan jika sangkaannya buruk maka buruklah baginya (HR Ahmad)

Beberapa bahasan dalam the secret



Bagaimana agar hukum tarik menarik bekerja sesuai dengan konsepnya, maka terdapat hal2 yang musti ada;

Percaya

Ketika kita tidak yakin bahwa harapan/doa kita tidak didengar dan diperkenankan olehNYA maka hati kita menjadi gundah dan resah, sehingga menghambat kerja hukum tarik-menarik. Karena itu yang diperlukan adalah keyakinan bahwa doa kita didengar dan diperkenankan olehNya.

setiap diri kita sebenarnya memiliki sebuah database yang super lengkap. database ini berisi segala sesuatu yang tersedia di alam semesta, beraneka ragam, keragamannya tidak terbatas. Apapun yang kita minta semuanya tersedia. Dengan jumlah persediaan yang tidak pernah habis. Kita tinggal membuka database dan memesan apapun yang kita inginkan (Joe vitale)



Allah telah berfirman dalam AlQuran: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu (QS.Alghafir:60).

Tawakkal/berserah diri



Setelah kita memanjatkan harapan-harapan dengan segenap kepercayaan, maka biarkan “Semesta” meresponnya (the secret)

Dalam hal seperti ini. Berperasaan baik adalah hasil dari sikap berserah diri, menyerahkan segala keputusan kepada Allah. Allah lebih tahu mana yang baik untuk kita, maka berserah dirilah.



………..barangsiapa yang bertawakkal (baca:berserah diri) kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah adalah dzat yang menuntaskan urusanNya. Sesungguhnya Allah telah menjadikan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu (QS AtTalaq:3).

syukur

Syukur adalah ajaran mendasar dari ajaran-ajaran guru besar sepanjang sejarah.

Dalam buku The Getting rich, ditulis oleh Wallace Wattles,1910, syukur adalah bab terpanjang. The Secret menggunakan syukur sebagai bagian dari harapan mereka




Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS Ibrohim :7).

sodaqoh
Berderma memberikan uang akan mendatangkan lebih banyak uang ke dalam hidup anda. Ketika anda bermurah hati dengan uang dan berperasaan senang untuk berbagi dengan orang lain, sebenarnya anda berkata dalam benak “Saya masih punya banyak uang”. Inilah kuncinya dan anda akan menarik lebih banyak lagi dari Semesta.(the secret, 2006).

Karena itu anda tidak perlu heran dengan rahasia keajaiban sodaqoh yang banyak diungkap oleh ustd. Yusuf Mansyur.




Dalam hal ini Allah berfirman:


Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakan(pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak (QS.Alhadiid:18)


Kapan waktunya doa kita dikabulkan? sesungguhnya alam semesta merupakan semacam ”buffering” tempat segala harapan dan permintaan kita, semua permintaan akan tertampung dan cepat atau lambat terkabulnya doa tergantung dari kualitas variabel2 diatas.


Tetapi The Secret, Rhonda Byrne, maupun Law Of Attraction, Michael J. Lossier hanya membahas hasrat atau cita-cita. Tidak mendiskusikan take action atau ikhtiar. Dimana keberhasilan tidak datang tanpa usaha, sedangkan usaha tidak akan berhasil tanpa adanya ”keberuntungan” ataupun ”nasib baik” dimana ke-2 hal tsb (keberuntungan/nasib baik) hanya Tuhan yang mampu memberikanya, dan itulah batasan yang dibahas oleh the secret.

Agar tidak salah faham tentang ’kekuatan semesta” dan ”Kekuatan Tuhan”, berikut tulisan saya sebelumnya



http://filsafat.kompasiana.com/2014/01/13/ahli-ahli-fisika-menguak-keberadaan-tuhan-627496.html