Mohon tunggu...
Zaenal Ibrohim
Zaenal Ibrohim Mohon Tunggu... Lainnya - Owner ib_bouquet

Memiliki integritas dan minat dibidang bisnis buket dan aktif mengajar di dunia Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidik PAUD Harus Serba Bisa

23 September 2022   11:05 Diperbarui: 23 September 2022   11:33 135 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum wr wb, salam sejahtera untuk seluruh pendidikan yang masih berjuang demi mencerdaskan generasi bangsa serta mendampingi mereka guna mewujudkan cita-cita nya, sapaan ini mungkin terasa hangat bagi siapa saja yang membacanya, terutama para pejuang pendidikan di Indonesia, kali ini mimin akan berbagi pengalaman dan cerita mimin selaku pendidik yang bergerak di bidang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) khususnya di tingkat TK (Taman Kanak-kanak). 

Menjadi guru atau pendidik di jenjang TK itu dituntut harus serba bisa. Oh ya? Yaps betul bgt. Mimin akan menceritakan beberapa tantangan dan hal-hal dasar yg perlu dimiliki oleh guru TK sesuai pengalaman diantaranya : 

A. Sabar

Memiliki jiwa atau sikap sabar bagi pendidik sangat penting, mau jenjang apa pun seorang guru atau Pendidik itu betul-betul harus memiliki jiwa sabar yg luar biasa, apalagi mimin ngajar di TK yang mana usia TK itu sedang gemes-gemesnya yah temen-temen pendidik semua. Bagaimana tidak, mimin yang masih single ini belum pernah menghadapi  anak kecil yg lg ngamuk, atau malas belajar hanya karena mau jajan. Eumm  tantangan yg luar biasa, sempat merasa kesal atau mau ngamuk aja tapi inget, ke prinsip awal mimin terjun ke dunia pendidikan adalah ingin mendampingi generasi bangsa khusus nya di jenjang TK mewujudkan cita-citanya. 

Seiring berjalan nya waktu dan mimin banyak belajar mengenai psikolog anak juga membaca dan mengikuti pelatihan mengajar anak usia dini. Alhamdulillah mimin mulai terbiasa dan bisa sabar dalam menjalankan tugas mimin sebagai pendidik. 

B. Ikhlas

Berbicara mengenai rasa ikhlas tentu ini adalah hal luar biasa yg dimiliki setiap pendidik, bagaimana tidak seperti yg kita ketahui dilapangan masih banyak pendidik yg mendapat imbalan diluar nalar, bahkan ada yg hanya mendapat honor 200.000 saja perbulannya, tapi bukan itu tolak ukur kami sebagai pendidik melainkan besarnya harapan kami sebagai pendidik mewujudkan cita-cita negara Republik Indonesia ini sesuai UUD 1945 dan menjadi pelopor yg ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini menjadi jawaban kenapa sampai saat ini masih banyak guru honorer atau yg belum mendapatkan honor yg layak tapi masih bertahan? Yah ini jawabannya. Maka dari itu mimin merasa bangga sebagai pendidik dan kepada seluruh pendidik di Indonesia ini yg mengabdikan dirinya dengan penuh keikhlasan. 

C. Kreatif

Tuntutan memiliki pemikiran dan jiwa kreatif bagi pendidik TK menjadi modal utama dalam menjalankan tugasnya, karena dunia TK menuntut pendidiknya memiliki kreativitas tinggi, seperti menciptakan dan menghafal banyak materi dengan lagu, mengolah bahan atau media menjadi hal yg disukai anak atau agar anak mau menggunakan nya. Bahkan menciptakan bahan ajar dan kondisi serta situasi lingkungan yg penuh kreativitas. Contoh lain ialah menyeting ruangan kelas yg nyaman dan menyenangkan. Ini memerlukan kreativitas dan semangat luar biasa. 

D. Komunikatif

Banyak aspek yg perlu dihadapi terutama peserta didik yg memiliki kemampuan berbicara dan berbahasa yg masih kurang difahami oleh orang dewasa, maka dari itu penting sekali memiliki jiwa Komunikatif guna memahami maksud, tujuan dan apa yg diinginkan oleh peserta didik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan