Mohon tunggu...
Zabidi Mutiullah
Zabidi Mutiullah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Concern pada soal etika sosial politik

Sebaik-baik manusia, adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cara Saya Tulis Skripsi: Santai Tapi Cepat

8 Mei 2023   10:30 Diperbarui: 8 Mei 2023   10:30 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Skripsi, Sumber Foto Kompas.com

Bagus Topik Pilihan Kompasiana kali ini, "Siasat Bikin Skripsi". Saya jadi tertarik berbagi pengalaman. Paling tidak untuk dua manfaat. Pertama, jadi bahan pertimbangan bagi mahasiswa yang kesulitan mencari cara membuat skripsi. Kedua, jika cocok, berikutnya bisa diterapkan agar mahasiswa mampu menyelesaikan skripsi lebih cepat. Minimal tepat waktu sesuai target.

Anda tahu, dulu saat nyusun skripsi saya lakukan dengan santai. Dalam arti, ya biasa-biasa saja. Tidak ngotot. Bahkan saya masih bisa hangout dan jalan-jalan sama teman-teman seperti biasa. Bagai tak sedang terbebani oleh tugas akhir menyelesaikan skripsi. Teman-teman ketika itu sampai ada yang heran. Sedang menulis skripsi, kok masih bisa keluyuran kemana-mana... Heheeeeee

Meski santai, saya mampu menyelesaikan skripsi selama dua bulan. Tepatnya 57 hari. Mengapa bisa relatif cepat seperti itu..? Karena saya menerapkan sebuah metode bertahap. Sebelum mulai tulis skripsi, saya buat timeschedule atau jadwal waktu sederhana. Saya tulis rapi pakai mesin ketik. Jaman saya komputer masih merupakan barang langka, heheeee.

Sekedar info, skripsi saya berjudul "Metodologi Pendidikan Pesantren : Telaah Atas Model Transformasi Intelektual Dan Moralitas Dalam Kitab Ta'limul Muta'alim". Berjumlah sekitar kurang lebih 230 halaman. Alhamdulilah, memperoleh nilai 4 plus. Atau disebut juga "Sangat Memuaskan Dengan Pujian". Tapi dalam konteks Topik Pilihan Kompasiana, bukan soal ini yang hendak saya tonjolkan. Saya cuma ingin memberi gambaran. Bahwa skripsi yang ditulis relatif cepat untuk ukuran ketika itu, merupakan hasil kerja sendiri alias tak pakai joki, tanpa plagiat, dapat memperoleh nilai amat sempurna.

Sebelum masuk ke metode, perlu di ingat tentang ketentuan penulisan skripsi. Tapi tidak seluruhnya. Hanya sekelumit saja, terutama yang ada hubungan dengan kiat menulis cepat. Fokus saya pada kertas dan margin kanan kiri. Pada masa itu kertas yang dipakai adalah yang punya ukuran A4. Margin kiri 4 cm. Sementara yang kanan 3 cm. Kalau sekarang tentu sudah berkembang. Karena pakai Laptop atau PC.

Lalu metode penulisan Skripsi apa yang saya pakai..? Gampang saja dan sudah familier kita dengar sehari-hari. Saya pakai metode target. Tapi tidak berat, karena metode saya menggunakan prinsip "Sedikit Demi Sedikit Akhirnya Menjadi Bukit". Ya benar, saya menerapkan metode persis seperti orang menabung. Ingin punya uang satu juta, dengan cara taruh 10 ribu ke celengan tiap hari. Maka pada 100 hari ke depan, uang satu juta sudah ada di tangan.

Saat menulis skripsi, saya juga begitu. Mengumpulkan satu demi satu tulisan setiap hari. Saya pilih target satu hari empat halaman. Satu minggu dapat 28. Satu bulan mencapai 120. Dan dua bulan ada 240 halaman. Jadi persis satu bulan kurang 3 hari, skripsi saya rampung. Dan ingat sekali lagi, tanpa sedikitpun saya merasa terbebani.

Soal waktu penulisan, ada baiknya dipilih momentum terbaik. Dengan cara mencari jam kosong pada hari itu. Kalau bisa, juga ada nilai plus. Saya sendiri ketika itu pilih jam menulis selepas sholat subuh. Ya kurang lebih sekitar jam 4 pagi lah. Mengapa pada habis subuh yang saya pilih..?

Pertama, habis sholat subuh memang tak ada aktifitas lain yang cukup berarti. Apalagi diluar halaman. Jadi kalau di isi kegiatan menulis, tentu sangat bagus. Kedua, pikiran dalam kondisi fresh, masih segar. Karena habis istirahat panjang selama satu malam penuh. Menulis dalam kondisi ini, akan lebih lancar.

Ketiga, pertimbangan dari segi kesehatan. Kata beberapa referensi yang saya baca, tidak tidur habis subuh sangat baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Keempat, dan ini yang saya imani dalam agama saya, beraktifitas habis subuh dapat melancarkan rejeki serta mendapat keberkahan hidup. Maka agar memperoleh semua manfaat tersebut di atas, saya lakukan kegiatan menulis skripsi sebanyak 4 halaman setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun