Mohon tunggu...
Yuzelma
Yuzelma Mohon Tunggu... Giat Literasi

Ilmu adalah buruan, agar buruan tidak lepas, maka ikatlah dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Eksploitasi di Prosesi Wisuda Anak PAUD Terkait Bisnis?

21 Mei 2017   23:14 Diperbarui: 23 Mei 2017   10:00 3034 14 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Eksploitasi di Prosesi Wisuda Anak PAUD Terkait Bisnis?
Sumber foto: https://www.facebook.com/tetty.hernita.52?fref=ts

Hari ini saya menghadiri acara wisuda anak saya yang baru akan dinyatakan lulus SMP. Beberapa hari yang lalu, teman saya meminta izin tidak datang ke kantor karena akan menghadiri acara wisuda anaknya yang baru menyelesaikan PAUD. Dalam waktu yang hampir bersamaan, keponakan saya yang di SMA juga mengadakan acara wisuda di salah satu hotel di kota saya.

Tepatkah istilah wisuda untuk anak tamat PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK?

Secara pribadi, saya sebagai orang tua merasa risih dengan istilah wisuda tersebut. Namun terkadang saya tidak punya pillihan lain, selain mengikuti acara tersebut dengan khidmat.

Kapan istilah wisuda untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK mulai muncul. Setahu saya istilah "wisuda" dulunya khusus diberikan kepada sesorang yang sudah selesai atau lulus di Perguruan Tinggi. Dan acara wisuda merupakan acara yang sakral dan mengandung banyak filosofi. 

Saya masih ingat almarhum Bapak saya, dulunya menjadikan kata-kata” wisuda” sebagai satu-satunya kata kebanggaan. Beliau akan tersenyum dan riang gembira, apabila 9 orang dari anak-anaknya semuanya bisa  menjadi sarjana dan diwisuda. Bagi Almarhum Bapak, berita "wisuda" adalah berita yang sangat ditunggu-tunggu dari anak-anaknya yang menempuh jalur kuliah di luar kota. 

Dulu di kampung saya, kata wisuda adalah salah satu kata yang diagung-agungkan oleh kebanyakan orang kampung. Karena dari sekian banyak pemuda yang ada di kampung hanya satu atau dua orang saja yang mampu mendapat gelar sarjana. selain faktor perekonomian, orang tua zaman dulu lebih suka anak-anaknya berada di sekitar mereka, apalagi anak perempuan. Bagi almarhum Bapak dan sebagian besar orang kampung saya dulu menyatakan bahwa sarjana adalah penghargaan tertinggi dalam keluarga.  

Kesakralan kata ”wisuda” seakan-akan saat ini menjadi pupus. Di kala seorang anak PAUD yang tidak mengerti apa-apa tentang kata “wisuda”, mengenakan baju toga hitam, yang dilengkapi dengan benang yang menggantung di Toga serta didandani bagaikan seorang yang sudah dewasa, lengkap sanggul dan make up serta aksesoris lainnya. Mereka juga mengikuti prosesi memindahkan benang di toga berwarna hitam.

Kenapa Toga berwarna hitam (gelap)? Berdasarkan referensi yang saya baca, toga berwarna hitam mengandung makna simbolis bahwasanya misteri serta kegelapan telah berhasil dikalahkan sarjana waktu mereka menempuh pendidikan di bangku kuliahan. Tidak hanya itu sarjana pula diharapkan mampu menyibak kegelapan dengan ilmu pengetahuan yang selama ini didapatkan oleh mereka. Selain itu warna hitam pula melambangkan keagungan, sebab itu tak hanya sarjana, ada hakim serta separuh pemuka agama pula memakai warna hitam pada jubahnya.

Topi toga juga berwarna hitam dan persegi, dimana sudut-sudut persegi pada topi toga menyimbolkan yaitu seorang sarjana dituntut untuk berpikir rasional serta memandang segala sesuatu hal dari beraneka sudut pandang.

Dan juga apa arti dari seremoni kuncir tali di topi toga dipindah dari kiri ke kanan? seremoni memindahkan kuncir tali toga yg semula berada di kiri menjadi ke kanan ternyata berarti yaitu waktu masa kuliah lebih banyak otak kiri yg digunakan semasa kuliah, diharapkan sesudah lulus, sarjana tak sebatas memakai otak kiri (hardskills) semata, tetapi pula dapat menggunakan otak kanan yang berhubungan dgn aspek kreativitas, imajinasi, serta inovasi, dan aspek softskills lainnya.

Apa dasar sekolah PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK mengadakan acara wisuda? Anak TK menggunakan Toga warna hitam dan topi persegi. Mari kita bepfikir secara rasional,  Anak TK/PAUD adalah anak yang berusia 4-6 tahun. Dimana usia tersebut, dunia mereka adalah dunia bebas hambatan, dunia mereka adalah dunia bermain tanpa hambatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x