Mohon tunggu...
Yuyun IqmatulAmalia
Yuyun IqmatulAmalia Mohon Tunggu... Yuyun Iqmatul Amalia

Hai welcome to my blog.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Gandeng Anak-anak Membuat Bak Sampah Cantik dari Barang Bekas

23 Juli 2021   03:40 Diperbarui: 23 Juli 2021   04:09 40 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Gandeng Anak-anak Membuat Bak Sampah Cantik dari Barang Bekas
Gambar 1 Mahasiswa KKN mempersiapkan cat untuk mewarnai bak sampah

Pada hari Minggu, 4 Juli 2021 mahasiswa KKN Pulang Kampung Mojokerto Universitas Negeri Malang melaksanakan kegiatan pembuatan bak sampah dari bekas wadah cat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Sekolah PAUD yang ada di Desa Ngembat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah anak-anak Dusun Blentreng Desa Ngembat.

Adanya wisata di Desa Ngembat membuat lingkungan Desa rentan sekali menjadi kotor sehingga hal ini membuat mahasiswa KKN berinisiatif untuk membuatkan bak sampah sebagai salah satu upaya agar desa wisata ini tetap bersih dan nyaman. Pengadaan tempat sampah ini bertujuan untuk menambah kuantitas tempat sampah di Dusun Blentreng Desa Ngembat yang terbilang masih minim dan mengurangi potensi penduduk dan pengunjung wisata untuk membuang sampah sembarangan. Alasan Mahasiswa KKN menggandeng anak-anak untuk ikut serta dalam pembuatan bak sampah adalah meningkatkan kreatifitas dan menghilangkan rasa bosan adik-adik selama libur sekolah. Selain itu secara tidak langsung kegiatan ini memberikan edukasi kepada mereka bahwa membuang sampah haruslah pada tempatnya.

Gambar 2 Mahasiswa KKN menggambar pola di bak sampah
Gambar 2 Mahasiswa KKN menggambar pola di bak sampah
Dalam kegiatan pembuatan bak sampah ini, para Mahasiswa menyiapkan 6 buah wadah bekas cat yang sudah dibersihkan. Kemudian, wadah tersebut di hias oleh teman-teman KKN dan adik-adik sesuai dengan keinginannya. Bahan yang digunakan untuk mewarnai bak sampah adalah kuas dan cat besi dengan komponen warna biru, merah dan kuning, sedangkan untuk warna lain diperoleh dengan mencampurkan warna yang tersedia. Setelah dihias bak sampah tersebut kemudian dikeringkan selama 8 jam kemudian baru siap untuk digunakan.

Bak sampah yang sudah siap pakai diletakkan pada beberapa titik yaitu  Pos satpam dikarenakan dekat dengan jalan menuju wisata, Sekolah TK dan PAUD, Masjid, TPQ dan Balai Desa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x